FAKULTAS USHULUDDIN
VISI
Menjadi Fakultas yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan studi keushuludinan dan keilmuan yang berorientasi pada pembangunan msayarakat global
MISI
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas berbasis pengembangan studi keushuluddinan dan keilmuan untuk menghasilkan lulusan sarjana ushuluddin yang berkarakter pesantren, berjiwa humanis dan memiliki kepedulian tinggi dalam pengembangan masyarakat dan bangsa.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan riset dengan berbagai pendekatan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan termanfaatkan oleh masyarakat dalam bidang Studi Keushuluddinan
- Mengembangkan sumberdaya fakultas untuk berpartisipasi dalam penyelesaian persoalan masyarakat melalui penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat pada bidang sosial keagamaan.
- Menyelenggarkan dan mengembangkan tata kelola, layanan dan suasana kerja fakultas yang kondusif dan profesional untuk mewujudkan good governance
- Membangun dan Meningkatkan kerjasama lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional sebagai penguatan tridarma pendidikan bidang keushuluddinan.
TUJUAN
- Terwujudnya lulusan sarjana ushuluddin yang kapabel, kompetitif, kreatif, inovatif, berkarakter mulia, humanis dan mampu berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan bangsa.
- Terwujudnya karya akademik yang kridebel dan referensial dalam bidang Agama, sosial, sosial keagamaan dan budaya bagi masyarakat dan bangsa.
- Terwujudnya karya pengabdian masyarakat pada bidang Agama, sosial, sosial keagamaan dan budaya yang dapat menyelesaikan persolanan masyarakat dan bangsa.
- Terwujudnya tata kelola, layanan dan suasana kerja fakultas yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.
- Terjalin dan Meningkatnya kerjasama fakultas dengan berbagai lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional.
ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR
- Visi Program Studi
“Menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu al-quran dan tafsir berbasis riset dan berintegrasi dengan berbagai keilmuan yang berorientasi pada pembangunan masyarakat ditingkat global”
- RUMUSAN MISI
- Melaksanakan program pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan ilmu al Qur’an dan Tafsir yang berkarakter pesantren, unggul dan memiliki kepedulian tinggi dalam pengembangan masyarakat.
- Melaksanakan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik yang terkemuka dalam bidang ilmu al-quran dan tafsir
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan kebutuhan pembangunan terutama bidang ilmu alquran dan tafsir sebagai bentuk kontribusi dalam penyelesaian persoalan yang terjadi di masyarakat baik secara teoritis maupun praktis
- Melaksanakan dan mengembangkan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif dan terkontrol bagi pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Alquran dan Tafsir secara profesional untuk mewujudkan good governance
- Membangun dan memperkuat kerjasama dengan berbagai lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi al-Quran dan Tafsir di tingkat lokal, nasional dan internasional
- RUMUSAN TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan ketrampilan akademis dan profesional dalam bidang Alquran dan Tafsir
- Menghasilkan peneliti yang mampu mengembangkan keilmuan dibidang ilmu al-quran dan tafsir serta mampu menghasilkan penelitian yang menitegrasikan kajian ilmu al-quran dan tafsir dengan keilmuan sosial budaya dan sains
- Menghasilkan mahasiswa dan lulusan dibidang Ilmu Alquran dan Tafsir yang responsif terhadap persoalan keagamaan, sosial dan budaya
- Terciptanya lingkungan dan suasana kerja yang kondusif dan terkontrol bagi pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Alquran dan Tafsir secara profesional yang good governance
- Terjalinnya jaringan kerja sama yang kokoh dan profesioanal dengan lembaga Islam terutama lembaga yang berbasis Ilmu Alquran dan Tafsir baik di bidang akademik, riset, dan pengabdian masyarakat pada tingkat local, regional, nasional maupun internasional.
- RUMUSAN SASARAN STRATEGI
Tujuan | Milestone | Strategi Pencapaian | Strategi Mutu | Sarana |
Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan ketrampilan akademis dan profesional dalam bidang Alquran dan Tafsir | menyelenggarakan pendidikan yang terintegrasi untuk menghasilkan lulusan yang professional | Menyiapkan dosen yang kompeten dan sesuai dengan kaulifikasi | Menyediakan RPS dan silabus disetiap mata kuliah | Memperbaharui buku yang ada setiap tahun |
merumuskan kurikulum yang relevan | Menyusun kurikulum sesuai dengan standar kompetensi di setiap mata kuliah | Menyediakan absensi dosen dan mahasiswa sebagai control | Menyediakan panduan kurikulum terbaru | |
Meriview kurikulum prodi secara berkala paling tidak 2 tahun sekali | Pelaksanaan evaluasi | |||
Memperbaharui kurikulum sesuai dengan kebijakan pemerintah | ||||
Menghasilkan peneliti yang mampu mengembangkan keilmuan dibidang ilmu al-quran dan tafsir serta mampu menghasilkan penelitian yang menitegrasikan kajian ilmu al-quran dan tafsir dengan keilmuan sosial budaya dan sains | meningkatkan kualitas dan kauntitas penelitian | Melakukan pelatihan penulisan karya ilmiah, artikel, jurnal bagi dosen dan mahasiswa | Pengembangan metodologi penelitianMengembangkan metodologi ilmu keislamanMemberikan penghargaan | Menyediakan panduan penguatan karya tulis Penyediaan Dana |
Penulisan skripsi diarahkan pada pendekatan social budaya dan sains | ||||
Menghasilkan mahasiswa dan lulusan dibidang Ilmu Alquran dan Tafsir yang responsif terhadap persoalan keagamaan, sosial dan budaya | Peningkatan kualitas pengabdian | Meningkatkan kualitas civitas akademika prodi dalam PKM dalam ilmu al-quran dan tafsir Meningkatkan profesioanlitas dan produktifitas dosen dan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat | Meningkatkan mutu tata kelola pengabdian masyarakat | Melakukan seminar dalam peningktan mutu PKMMengundang dosen tamu atau praktisi IAT |
Terciptanya lingkungan dan suasana kerja yang kondusif dan terkontrol bagi pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Alquran dan Tafsir secara profesional yang good governance | Meperbaiki tata kelola yang kondusif | Mengembangkan kualitas pelayanan akademik dan pengelolaan prodi Meningkatkan pengelolaan manajemen prodi | Memenuhi sarana pra sarana pembelajaran Melakukan pengawasan standar pengelolaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi | Adanya kualitas sitem informasi yang baik |
Terjalinnya jaringan kerja sama yang kokoh dan profesioanal dengan lembaga Islam terutama lembaga yang berbasis Ilmu Alquran dan Tafsir baik di bidang akademik, riset, dan pengabdian masyarakat pada tingkat local, regional, nasional maupun internasional. | Melakukan MoU dengan pihak luar | Meningkatkan kerja sama ditingkat local, regional, nasional dan internasioanal | Adanya MoU yang terjalin |
- Profil Lulusan dan Deskripsi
No. | Profil | Deskripsi Profil |
1. | Mufassir pemula | Menguasai metode dan aliran tafsir untuk menemukan sebuah makna al-Quran, sehingga akademisi IAT diharapkan bisa memberikan pemahaman terhadap ayat-ayat al-Quran dengan menngunakan berbagai metode baik klasik maupun kontemporer yang mempunyai wawasan luas dan moderat. |
2. | Pendidik pada bidang al-quran dan tafsir | Menjadi pendidik professional dalam bidang al-Quran dan Tafsir di lembaga pendidikan formal dan non-formal yang memiliki kompetensi keilmuan multidisipliner dan kepribadian yang profesional dengan berlandaskan pada nilai-nilai keislaman |
3. | Peneliti pada bidang al-quran dan tafsir | menjadi peneliti di bidang al-Quran dan tafsir yang mampu memecahkan permasalahan di masyarakat serta mampu mengembangkan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. |
4 | Penyuluh | Menjadi penyuluh keagamaan yang memiliki wawasan qur’ani yang berkepribadian luhur dan beroroentasi pada profesionalitas pelayanan masyarakat dengan berlandaskan pada dasar hukum Islam yang jelas. |
- cpl
Tabel 4.1 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Sikap
No | Capaian Pembelajaran |
1 | S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
2 | S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
3 | S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
4 | S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
5 | S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
6 | S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
7 | S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
8 | S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
9 | S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
10 | S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
11 | S11 Menginternalisasi semangat kemandirian dan inovasi dalam bidang pengembangan kajian ilmu Al-qur’an dan tafsir dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan. |
12 | S12 Memiliki kepiawaian dalam penyampaian berbagai materi keagamaan kepada masyarakat khususnya dalam bidang al-quran dan tafsir |
Tabel 4.2 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Pengetahuan
No | Capaian Pembelajaran |
1 | P1 Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; |
2 | P2 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran filsafat secara kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis |
3 | P3 Menguasai teori penafsiran al-quran yang terintegrasikan dengan keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
4 | P4 Menguasai pengetahuan tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an dan tafsir untuk membaca dan memahami tafsir Al-Qur’an secara baik dan tepat; |
5 | P5 Menguasai pengetahuan tentang metodologi penafsiran Al-Quran dengan beragam aliran tafsir; |
6 | P6 menguasai secara mendalam kajian tafsir dan pengembangannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan; |
7 | P7 Menguasai ilmu alat seperti ilmu balaghah dan bahasa arab untuk membaca dan memahami al-Quran dan tafsir secara baik dan tepat. |
8 | P8 Menguasai teori-teori dan inovasi dalam pengembangan keilmuan al-Quran dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan |
9 | P9 Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an dan tafsir |
10 | P10 Menguasai teori dan praktik pendekatan penelitian di bidang al-Quran dan tafsir serta mampu mengolah dan menganalisis data |
11 | P11 Menguasai secara mendalam cara mengkomparasikan antara materi tafsir dengan sains dan teknologi modern. |
12 | P12 Menguasai materi pendidikan yang dikaitkan pada bidang al-quran dan tafsir |
13 | P13 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
14 | P14 Menguasai berbagai metode penenlitian al-Quran dan tafsir baik klasik maupun kontemporer. |
15 | P15 Menguasai model-model pendekatan dalam penafsiran atas teks yang terintegrasi dengan disiplin lain yang diaplikasikan dalam penelitian kajian al-Quran seperti semantik, semiotik, al-Quran dan sosial budaya dan kritik tafsir |
16 | P16 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individu dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik |
17 | P17 Menguasai dasar-dasar bimbingan dalam penyuluhan Islam, teori komunikasi, metode dan teknik bimbingan dan penyuluhan Islam |
18 | P18 Mampu memanfaatkan teknologi terkini dalam menyampaiakn materi keagamaan |
19 | P19 Mampu memberikan argumen yang jelas, mudah dipahami dan dalil pendukung berdasarkan kaedah-kaedah Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, baik secara perseorangan maupun kelompok |
20 | P20 Memiliki kemampuan meyelesaikan masalah yang terjadi dalam masyarakat sesuai prosedur yang benar |
Tabel 4.3 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Ketrampilan Umum
No | Capaian Pembelajaran |
1 | KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
2 | KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
3 | KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
4 | KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
5 | KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
6 | KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
7 | KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya; |
8 | KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelolanya secara mandiri; |
9 | KU9 Mampu mendokumentasikan,menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
10 | KU10 Mampu memanfaatkan teknologi terkini dalam mejawab persoalan yang muncul baik berkaitan dengan keahlian, pendidikan, penelitian dan penyuluhan |
Tabel 4.4 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Ketrampilan Khusus
No | Capaian Pembelajaran |
1 | KK1 Mampu mendesain dan mengembangkan pemahaman ilmu al-quran dan tafsir dengan pendekatan modern; |
2 | KK2 Mampu membaca al-Quran dengan bacaan qiraat sab’ah |
3 | KK3 Mampu menerapkan spesifikasi ilmu al-Quran dan tafsir sesuai keahlian |
4 | KK4 Mampu membaca kitab tafsir al-Qur’an dari sumber aslinya; |
5 | KK5 Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-Qur’an dan tafsirnya dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; |
6 | KK6 Mampu menyebarluaskan al-Qur’an dan tafsirnya kepada masyarakat dalam rangka syi’ar agama di dalam kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan. |
7 | KK7 Mampu menghasilkan produk dengan perangkat ilmu al-Quran dan tafsir |
8 | KK8 mampu mengaplikasikan kaidah penafsiran dalam menganalisis makna al-Quran |
9 | KK9 mampu mengkaji persoalan yang muncul di masyarakat |
10 | KK10 mampu mengaplikasikan berbagai pendekatan penelitian baik pustaka maupun lapangan |
11 | KK11 Mampu menerapkan teori Ilmu Al-Qur’an dan tafsir melalui pendidikan baik formal maupun non formal; |
12 | KK12 mampu mengaplikasikan kajian al-quran dan tafsir pada dunia pendidikan |
13 | KK13 Mampu mengadaptasikan makna kandungan al-quran dan tafsir dalam dinamika sosial, budaya dan perkembangan IPTEK; |
14 | KK14 mampu memberikan solusi terhadap pengajaran sesuai dengan isi dalam kajian al-Quran dan Tafsir |
15 | KK15 Mampu bertanggung jawab atas hasil penelitian dan kajiannya dengan memaksimalkan keilmuan al-Qur’an dan Tafsir; |
16 | KK16 mampu membuat laporan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan; |
17 | KK17 Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-Qur’an dan tafsir pada dinamika kehidupan masyarakat ; |
18 | KK18 mampu memannfaatkan temuan ilmu pengetahuan modern dan IT untuk memperkaya wawasan di bidang kajian ilmu al-Quran dan tafsir |
19 | KK19 Mampu melakukan proses bimbingan dan penyuluhan agama Islam, berdakwah, serta pendampingan masyarakat Islam dalam masyarakat multi agama sesuai tuntunan al-Quran; |
20 | KK20 Mampu menggunakan media cetak dan elektronik serta on line untuk kegiatan pembimbingan dan penyuluhan agama Islam; |
21 | KK21 Mampu menentukan dan menggunakan pendekatan, metode, media, dan teknologi untuk kegiatan proses bimingan dan penyuluhan agama Islam secara tepat dalam masyarakat multi agama; |
22 | KK22 mampu memecahkan masalah dengan basis al-Quran yang berkembang di masyarakat |
23 | KK23 Mampu memberikan solusi praktis terhadap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat |
KELOMPOK MATA KULIAH
No | Sasaran | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | Mata Kuliah Wajib Nasional | KWN2201 | Pancasila | 2 |
2 | KWN2202 | Kewarganegaraan | 2 | |
3 | KWN2203 | B Arab | 2 | |
4 | KWN2204 | B Inggris | 2 | |
5 | KWN2205 | B Indonesia | 2 | |
6 | KWN2206 | Pengantar Studi Islam | 2 | |
7 | KWN2207 | Studi Alquran | 2 | |
8 | KWN2208 | Studi Hadis | 2 | |
9 | Mata Kuliah Wajib Institusi | KWI2201 | Filsafat Ilmu | 2 |
10 | KWI2202 | Ilmu Logika | 2 | |
11 | KWI2203 | Aswaja | 2 | |
12 | KWI2204 | Kajian Kitab Kuning | 3 | |
13 | KWI2205 | Metpen Partisipatif | 3 | |
14 | KWI2206 | Ahlak Tasawuf | 2 | |
15 | KWI2207 | KKN | 4 | |
16 | Mata Kuliah Dasar Umum | FU2201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
17 | FU2202 | Filsafat Umum dan agama | 2 | |
18 | FU2203 | Ilmu kalam | 2 | |
19 | FU2204 | Ilmu Balaghah | 2 | |
20 | FU2205 | Sirah nabawiyah | 2 | |
21 | FU2206 | Studi agama di Dunia | 2 | |
22 | FU2207 | Orientalisme-oksidentalisme | 2 | |
23 | FU2208 | Ushul dan Qawaid Fiqhiyah | 2 | |
24 | FU2209 | Enterpreneurship | 2 | |
25 | Mata Kuliah Keahlian Utama | IAT2201 | Studi Quran 2 | 2 |
26 | IAT2202 | Madzahib Tafsir | 2 | |
27 | IAT2203 | Studi Kitab Tafsir | 2 | |
28 | IAT2204 | Tafsir Mawdlu’i | 2 | |
29 | IAT2205 | Studi tafsir di Indonesia | 2 | |
30 | IAT2206 | Studi Living al-Qur’an | 2 | |
31 | IAT2207 | Metode Penafsiran Kontemporer | 2 | |
32 | IAT2208 | Met.Pen. Al-Quran dan Tafsir | 2 | |
33 | IAT2209 | Ilmu Qiraat 1 | 2 | |
34 | IAT2210 | Ilmu Qiraat 2 | 2 | |
35 | IAT2211 | Digitalisasi al-Quran | 2 | |
36 | IAT2212 | Hermeneutika al-Quran | 2 | |
37 | IAT2213 | Pemikiran Barat atas al-Quran dan Tafsir | 2 | |
38 | IAT2214 | Ushul tafsir wa Qawaiduhu | 2 | |
39 | IAT2215 | Skripsi | 6 | |
40 | Mata Kuliah Penunjang Utama | IAT2216 | Pembelajaran Tahfidz | 2 |
41 | IAT2217 | Strategi pembelajaran al-Quran dan hadis | 2 | |
42 | IAT2218 | Metode Pembelajaran | 2 | |
43 | IAT2219 | Ayat dan hadis Pendidikan | 2 | |
44 | IAT2220 | Seni tilawah al-Quran | 2 | |
45 | IAT2221 | Desain kurikulum pembelajaran al-Quran dan hadis | 2 | |
46 | IAT2222 | Pengembangan kurikulum al-Quran dan hadis | 2 | |
47 | IAT2223 | Multimedia learning | 2 | |
48 | IAT2224 | Met.Pen. Kualitatif | 2 | |
49 | IAT2225 | Evaluasi pendidikan | 2 | |
50 | Mata Kuliah Pilihan Peminatan | MBIAT01 | Sejarah al-Quran | 2 |
51 | MBIAT02 | semantik-semiotik | 2 | |
52 | MBIAT03 | Penulisan Karya Ilmiah | 3 | |
53 | MBIAT04 | Pendidikan Islam Pesisir | 2 | |
54 | MBIAT05 | Met. Pen Kuantitatif | 2 | |
55 | MBIAT06 | Analisis Data | 3 | |
56 | MBIAT07 | Metode Kritik tafsir | 2 | |
57 | MBIAT08 | Metode Penelitian sosial dan keagamaan | 2 | |
58 | MBIAT09 | Psikologi dan Fenomenologi Agama | 2 | |
59 | MBIAT10 | Ilmu Penyuluhan | 2 | |
60 | MBIAT11 | Manajemen Penyuluhan | 2 | |
61 | MBIAT12 | Komunikasi Penyuluhan | 2 | |
62 | MBIAT13 | Met.Pen. Bimbingan Konseling | 2 | |
63 | MBIAT14 | TIK | 2 | |
64 | MBIAT15 | Public speaking | 2 | |
65 | MBIAT16 | Ilmu Komunikasi | 2 | |
66 | MBIAT17 | Ayat dan hadis Dakwah | 2 | |
67 | MBIAT18 | Sosiologi Dakwah | 2 | |
68 | MBIAT19 | Bimbingan Konseling | 2 | |
69 | Mata Kuliah Merdeka Belajar | MBIAT20 | PPK-Living Quran | 3 |
70 | MBIAT21 | PPK-studi teks tafsir | 3 | |
71 | MBIAT22 | ppk-tafsir Mudhui | 3 | |
72 | MBIAT23 | PPK-Met. Pen. Tafsir | 3 | |
73 | MBIAT24 | PPK- Digitalisasi al-Quran | 3 | |
74 | MBIAT25 | PPK-Pembelajaran al-Quran | 3 | |
75 | MBIAT26 | PPK-Pembelajaran tahfidz | 2 |
SEBARAN MATA KULIAH
SMT | JENIS MK | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | KWN2201 | Pancasila | 2 | |
1 | KWN2203 | B Arab | 2 | |
1 | KWN2204 | B Inggris | 2 | |
1 | KWN2205 | B Indonesia | 2 | |
1 | KWN2206 | Pengantar Studi Islam | 2 | |
1 | KWN2207 | Studi Alquran | 2 | |
1 | KWN2208 | Studi Hadis | 2 | |
1 | KWI2201 | Filsafat Ilmu | 2 | |
1 | FU2201 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | |
1 | KWI2202 | Ilmu Logika | 2 | |
1 | FU2203 | Ilmu kalam | 2 | |
1 | KWI2206 | Ahlak Tasawuf | 2 | |
24 | ||||
2 | KWN2202 | Kewarganegaraan | 2 | |
2 | KWI2203 | Aswaja | 2 | |
2 | IAT2201 | Studi Quran 2 | 2 | |
2 | FU2202 | Filsafat Umum dan agama | 2 | |
2 | FU2206 | Studi agama di Dunia | 2 | |
2 | IAT2220 | Seni tilawah al-Quran | 2 | |
2 | FU2208 | Ushul dan Qawaid Fiqhiyah | 2 | |
2 | IAT2218 | Metode Pembelajaran | 2 | |
2 | FU2204 | Ilmu Balaghah | 2 | |
2 | IAT2203 | Studi Kitab Tafsir | 2 | |
2 | FU2205 | Sirah nabawiyah | 2 | |
2 | IAT2202 | Madzahib Tafsir | 2 | |
24 | ||||
3 | IAT2217 | Strategi pembelajaran al-Quran dan hadis | 2 | |
3 | KWI2204 | Kajian Kitab Kuning | 3 | |
3 | IAT2205 | Studi tafsir di Indonesia | 2 | |
3 | IAT2207 | Metode Penafsiran Kontemporer | 2 | |
3 | IAT2209 | Ilmu Qiraat 1 | 2 | |
3 | IAT2222 | Pengembangan kurikulum al-Quran dan hadis | 2 | |
3 | IAT2214 | Ushul tafsir wa Qawaiduhu | 2 | |
3 | IAT2223 | Multimedia learning | 2 | |
3 | FU2207 | Orientalisme-oksidentalisme | 2 | |
3 | KWI2205 | Metpen Partisipatif | 3 | |
3 | IAT2204 | Tafsir Mawdlu’i | 2 | |
24 | ||||
4 | IAT2210 | Ilmu Qiraat 2 | 2 | |
4 | IAT2208 | Met.Pen. Al-Quran dan Tafsir | 2 | |
4 | FU2209 | Enterpreneurship | 2 | |
4 | IAT2224 | Met.Pen. Kualitatif | 2 | |
4 | IAT2206 | Studi Living al-Qur’an | 2 | |
4 | IAT2216 | Pembelajaran Tahfidz | 2 | |
4 | IAT2221 | Desain kurikulum pembelajaran al-Quran dan hadis | 2 | |
4 | IAT2219 | Ayat dan hadis Pendidikan | 2 | |
4 | IAT2211 | Digitalisasi al-Quran | 2 | |
4 | IAT2212 | Hermeneutika al-Quran | 2 | |
4 | IAT2225 | Evaluasi pendidikan | 2 | |
4 | IAT2213 | Pemikiran Barat atas al-Quran dan Tafsir | 2 | |
24 | ||||
5 | MBIAT01 | Sejarah al-Quran | 2 | |
5 | MBIAT02 | semantik-semiotik | 2 | |
5 | MBIAT03 | Penulisan Karya Ilmiah | 3 | |
5 | MBIAT04 | Pendidikan Islam Pesisir | 2 | |
5 | MBIAT05 | Met. Pen Kuantitatif | 2 | |
5 | MBIAT06 | Analisis Data | 3 | |
5 | MBIAT07 | Metode Kritik tafsir | 2 | |
5 | MBIAT08 | Metode Penelitian sosial dan keagamaan | 2 | |
5 | MBIAT09 | Psikologi dan Fenomenologi Agama | 2 | |
20 | ||||
5 | MBIAT10 | Ilmu Penyuluhan | 2 | |
5 | MBIAT11 | Manajemen Penyuluhan | 2 | |
5 | MBIAT12 | Komunikasi Penyuluhan | 2 | |
5 | MBIAT13 | Met.Pen. Bimbingan Konseling | 2 | |
5 | MBIAT14 | TIK | 2 | |
5 | MBIAT15 | Public speaking | 2 | |
5 | MBIAT16 | Ilmu Komunikasi | 2 | |
5 | MBIAT17 | Ayat dan hadis Dakwah | 2 | |
5 | MBIAT18 | Sosiologi Dakwah | 2 | |
5 | MBIAT19 | Bimbingan Konseling | 2 | |
20 | ||||
6 | MBIAT20 | PPK-Living Quran | 3 | |
6 | MBIAT21 | PPK-studi teks tafsir | 3 | |
6 | MBIAT22 | ppk-tafsir Mudhui | 3 | |
6 | MBIAT23 | PPK-Met. Pen. Tafsir | 3 | |
6 | MBIAT24 | PPK- Digitalisasi al-Quran | 3 | |
6 | MBIAT25 | PPK-Pembelajaran al-Quran | 3 | |
6 | MBIAT26 | PPK-Pembelajaran tahfidz | 2 | |
20 | ||||
7 | 0 | KWI2207 | KKN | 4 |
8 | 0 | IAT2215 | Skripsi | 6 |
SMT 1 | 24 | |||
SMT 2 | 24 | |||
SMT 3 | 24 | |||
SMT 4 | 24 | |||
SMT 5 | 20 | |||
SMT 6 | 20 | |||
SMT 7 | 4 | |||
SMT 8 | 6 | |||
146 |