Tingkatkan Kapasitas Dosen, IAI TABAH Ikuti Diklat Penulisan Buku Ajar dan Buku Referensi

IAI TABAH--Enam dosen Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan yang terdiri dari berbagai program studi telah mengikuti pendidikan dan pelatihan penulisan buku ajar dan buku referensi kemarin (16/3). Diklat ini diselenggarakan oleh Forum Pimpinan PTKIS Zona...

Launching Batik Wulung Samudro dan Tabah Press di Wisuda XII IAI Tarbiyatut Tholabah Lamongan

Lamongan- Perhelatan wisuda XII telah suskes diselenggarakan IAI Tarbiyatut Tholabah Lamongan (7/11/2021) di Auditorium Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Dalam pelaksanaan wisuda tahun 2021 ini turut hadir dan mengucapkan selamat di...

KATALOG BUKU

IDENTITAS BUKU

Judul buku: “Bunga Rampai: Moderasi Beragama di Nusantara
Nama penulis: Alimul Muniroh, dkk.
Nama penerbit: TABAH Press (2021)
Jumlah halaman: 174 hlm
Ukuran: 14,8 cm x 21 cm
Harga: Rp 47.000,-
ISBN: 978-623-98616-0-5

SINOPSIS BUKU

Keanekaragaman (pluralitas) agama yang hidup di Indonesia, termasuk di dalamnya keanekaragaman paham keagamaan yang ada di tubuh intern umat beragama merupakan kenyataan historis yang tidak dapat disangkal oleh siapapun. Proses munculnya pluralitas agama di indonesia dapat diamati secara empiris historis. Secara kronologis dapat disebutkan bahwa dalam wilayah kepulauan nusantara, hanya agama Hindu dan Buddha yang dahulu dipeluk oleh masyarakat, terutama di pulau Jawa. Pluralitas agama yang ada di Indonesia saat ini tentu menjadi tantangan bagi masyarakat dan pemerintah bahwa sebuah pemahaman tentang agama lain sangat dibutuhkan agar mampu tercipta hubungan sosial yang harmonis dan ideal. Hal ini dapat ditempuh melalui penerapan nilai-nilai moderasi agama di Nusantara. Dalam buku Bunga Rampai ini dikupas tuntas pembahasan terkait mulai dari penguatan Islam Moderat di era disrupsi hingga penerapan nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam maupun lintas agama.

IDENTITAS BUKU

Judul buku: “Sosiologi Pesisir: Transformasi Sosial Masyarakat Pesisir
Nama penulis: Moh. Khoirul Fatih, dkk.
Nama penerbit: TABAH Press (2023)
Jumlah halaman: 124 hlm
Ukuran: 14,8 cm x 21 cm
Harga: Rp 62.000,-
ISBN: 978-623-98616-1-2

SINOPSIS BUKU

Studi tentang perubahan sosial menjadi bagian integral kajian sosiologi yang terus mengalami perkembangan, salah satu objek kajian yang saat ini menarik adalah dinamika kehidupan sosial masyarakat pesisir. Pesisir memiliki daya tarik tersendiri bagi peminat studi sosiologi. Di samping memiliki karakteristik kehidupan sosial masyarakatnya, namun juga menawarkan kajian yang menarik, khususnya tentang adaptasi masyarakatnya dalam menghadapi perubahan sosial. Bagian terbesar dari buku ini adalah menyajikan dan menjelaskan adaptasi kehidupan masyarakat pesisir terhadap perubahan sosial. Argumentasi sebagian besar terletak dari para penulis dalam mengkaji kehidupan masyarakat pesisir perspektif pendidikan, sosial keagamaan, ekonomi, dan kearifan lokal yang ada. Disajikan fakta-fakta perubahan sosial yang mempengaruhi kehidupan masyarakat pesisir.

IDENTITAS BUKU

Judul buku: “Masa Depan Guru dan Pendidikan di Indonesia
Nama penulis: Muhammad Nur Hasan, dkk.
Nama penerbit: TABAH Press (2023)
Jumlah halaman: 157 hlm
Ukuran: 14,8 cm x 21 cm
Harga: Rp 55.000,-
ISBN: 62-267-7672-482

SINOPSIS BUKU

Pendidikan di Indonesia terus mengalami modifikasi dan pengembangan salah satunya melalui inovasi terbaru yang dibuat oleh Kemdikbud, yaitu meluncurkan program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Ini merupakan sebuah itikad baik dari Pak Nadiem Makarim selaku menteri. Pergantian kurikulum tersebut tentu diimbangi dengan sosialisasi, beragam seminar, pelatihan, lokakarya maupun workshop untuk meningkatkan kompetensi guru. Di mana guru merupakan salah satu garda terdepan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Buku dengan judul “Masa Depan Guru dan Pendidikan di Indonesia” ini berisi kumpulan esai berisi ide serta gagasan mengenai wajah pendidikan dan guru di Indonesia.

IDENTITAS BUKU

Judul buku: “Wajah Studi Agama di Dunia: Merajut Harmoni Agama-Agama
Nama penulis: Moh. Khoirul Fatih
Nama penerbit: TABAH Press (2023)
Jumlah halaman: 284 hlm
Ukuran: 14,5 cm x 20,5 cm
Harga: Rp 69.000,-
ISBN: 978-623-98616-2-9

SINOPSIS BUKU

Wacana keaagamaan kembali menguat di era kontemporer, krisis modernitas yang telah melandah masyarakat di samping mendatangkan kemaslakhatan bagi perubahan gaya hidup masyarakat, namun juga mengandung berbagai macam paradoks, dehuminasi, alienasi, dan budaya materialistik serta individualistik yang terjadi pada pola interaksi masyarakat modern.  Eksistensi kajian studi agama di dunia merupakan salah satu bidang kajian dalam rumpun “ilmu ilmu sosial” ataupun “ studi agama agama” yang berorientasi pada manusia dan budayanya, termasuk di dalamnya yaitu agama dengan seperangkat sistem kepercayaannya. Secara akademik, kajian studi agama sangatlah penting guna lebih melengkapi informasi informasi dan kajian kajian agama secara lebih spesifik dan mendalam yang nantinya dapat melahirkan penelitian dalam bidang sosial keagamaan yang dapat bermanfaat bagi upaya merawat dan menjaga harmonisasi umat beragama di Indonesia dan dunia secara universal.

IDENTITAS BUKU

Judul buku: “Madrasah Mandiri Berprestasi
Nama penulis: Nur Hakim, dkk.
Nama penerbit: TABAH Press (2024)
Jumlah halaman: 152 hlm
Ukuran: 14,8 cm x 21 cm
Harga: Rp 58.000,-
ISBN: (masih dalam proses)

SINOPSIS BUKU

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Indonesia, memiliki potensi pendidikan besar, tetapi Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah ini menghadapi beberapa tantangan. Pemahaman guru terkait konsep dan metodologi Kurikulum Merdeka terbatas, sementara keterbatasan sumber daya, seperti bahan ajar dan perangkat teknologi, menjadi kendala. Perubahan paradigma dalam pembelajaran juga menjadi tantangan, di mana peran guru sebagai fasilitator dan pengembangan metode pembelajaran kreatif perlu diadopsi secara menyeluruh. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Lamongan melalui pelatihan dan pendampingan guru, meningkatkan akses sumberdaya, dan mendorong pengembangan metode pembelajaran inovatif. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dari 54.29% menjadi 91.43% implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Brondong.