PAI

by Feb 25, 2020

About PAI
Komptensi Lulusan

Visi Prodi Pendidikan Agama Islam adalah:
“Menjadi Program Studi yang unggul dan pusat pengembangan Pendidikan Agama Islam serta berdaya saing ditingkat International pada tahun 2027”.


MISI
Mencetak sarjana Pendidikan Agama Islam yang memiliki prestasi akademik yang akuntabel dan professional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Menghasilkan produk pembelajaran dalam pengembangan pendidikan agama Islam yang kreatif dan inovatif serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Menyebarluaskan hasil pemikiran dan pengembangan pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan dan masyarakat.
Berperan aktif dalam kegiatan skala internasional berupa kerjasama, konferensi, maupun seminar

Tujuan
Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam yang profesional, religius dan kompetitif.
Menghasilkan penelitian bidang pendidikan agama islam yang relevan terhadap perkembangan pendidikan dan tanggap terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
Menghasilkan sarjana pendidikan yang istiqamah dengan nilai-nilai keislaman dan profesional dalam pengembangan disiplin keilmuan.
Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam proses pembelajaran.
Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam yang mampu beradaptasidengan perkembangan pendidikan dan kehidupan sosial.

Fokus penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesi di bidang Pendidikan Agama Islam. Secara lebih spesifik, kompetensi alumni Program Studi Pendidikan Agama Islam INSTITUT AGAMA ISLAM TARBIYATUT THOLABAH adalah:
Kompetensi Utama
 Menguasai ilmu pendidikan Islam
 Menguasai materi PAI
 Menguasai dan mengaplikassikan metodologi pembelajaran PAI
 Menguasai administrasi pembelajaran
 Menguasai evaluasi pembelajaran
 Menguasai media pembelajaran
 Menguasai metodologi penelitian di bidang PAI
 Komitmen terhadap profesi guru
Kompetensi Pendukung
 Menguasai teknik atau metode bimbingan dan konseling
 Menguasai model-model pembelajaran PAI
 Memiliki kemampuan memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran agama Islam
 Menguasai model-model pembelajaran PAI alternatif
 Memiliki kemampuan merespons secara cerdas problem umat dalam wilayah PAI
 Menguasai metodologi pembelajaran PAI di SEKOLAH/ MADRASAH, dan mampu mengaplikasikannya
 Memiliki kemampuan bahasa Arab dan Inggris secara aktif atau pasif.

DOKUMEN PAI