Visi Prodi Pendidikan Agama Islam adalah:
“Menjadi Program Studi yang unggul dan pusat pengembangan Pendidikan Agama Islam serta berdaya saing ditingkat International pada tahun 2027”.
MISI
Mencetak sarjana Pendidikan Agama Islam yang memiliki prestasi akademik yang akuntabel dan professional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Menghasilkan produk pembelajaran dalam pengembangan pendidikan agama Islam yang kreatif dan inovatif serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Menyebarluaskan hasil pemikiran dan pengembangan pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan dan masyarakat.
Berperan aktif dalam kegiatan skala internasional berupa kerjasama, konferensi, maupun seminar
Tujuan
Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam yang profesional, religius dan kompetitif.
Menghasilkan penelitian bidang pendidikan agama islam yang relevan terhadap perkembangan pendidikan dan tanggap terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
Menghasilkan sarjana pendidikan yang istiqamah dengan nilai-nilai keislaman dan profesional dalam pengembangan disiplin keilmuan.
Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam proses pembelajaran.
Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam yang mampu beradaptasidengan perkembangan pendidikan dan kehidupan sosial.
Fokus penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesi di bidang Pendidikan Agama Islam. Secara lebih spesifik, kompetensi alumni Program Studi Pendidikan Agama Islam INSTITUT AGAMA ISLAM TARBIYATUT THOLABAH adalah:
Kompetensi Utama
Menguasai ilmu pendidikan Islam
Menguasai materi PAI
Menguasai dan mengaplikassikan metodologi pembelajaran PAI
Menguasai administrasi pembelajaran
Menguasai evaluasi pembelajaran
Menguasai media pembelajaran
Menguasai metodologi penelitian di bidang PAI
Komitmen terhadap profesi guru
Kompetensi Pendukung
Menguasai teknik atau metode bimbingan dan konseling
Menguasai model-model pembelajaran PAI
Memiliki kemampuan memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran agama Islam
Menguasai model-model pembelajaran PAI alternatif
Memiliki kemampuan merespons secara cerdas problem umat dalam wilayah PAI
Menguasai metodologi pembelajaran PAI di SEKOLAH/ MADRASAH, dan mampu mengaplikasikannya
Memiliki kemampuan bahasa Arab dan Inggris secara aktif atau pasif.
DOKUMEN PAI


Laporan Monev PBM

