VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
Visi
Menjadi fakultas yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu
keguruan dan pendidikan islam yang berorientasi pada pembangunan masyarakat di
tingkat global
Misi
1) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk
menghasilkan sarjana pendidikan islam yang unggul dan memiliki kepedulian
tinggi dalam pengembangan masyarakat
2) Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk
menghasilkan karya akademik yang terkemuka dalam bidang ilmu pendidikan
islam.
3) Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis etika dan estetika
untuk pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan.
4) Menerapkan tata kelola fakultas tarbiyah yang kredibel, transparan, akuntabel,
bertanggung jawab dan berkeadilan;
5) Meningkatkan kerjasama dalam dan luar negeri dalam bidang pendidikan islam
Tujuan
1) Terwujud sarjana pendidikan islam yang kompeten dan mampu berkembang
secara mandiri, berakhlak mulia, kreatif, inovatif, dan memiliki komitmen
kebangsaan;
2) Terwujud karya akademik dalam bidang pendidikan islam yang bermanfaat bagi
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis etika dan estetika
dalam pengembangan masyarakat;
3) Terwujud karya pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang berbasis etika dan estetika untuk mewujudkan
masyarakat yang mandiri dan produktif;
4) Terwujud tata kelola fakultas yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung
jawab dan berkeadilan;
5) Terjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam dan luar negeri.
Strategi
2.4.1 Strategi Jangka Pendek tercapai pada tahun 2020-2021
a. Indeks prestasi kumulatif mahasiswa 3.20 atau lebih;
b. Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dalam bahasa
Inggris, pada mata kuliah speaking dan listening mahasiswa rata-rata nilai
B (baik);
c. Masa tunggu kerja maksimal 6 (enam) bulan;
d. Setiap perkuliahan dilengkapi dengan bahan ajar, SAP 90%;
e. Tingkat kehadiran dosen di setiap perkuliahan minimal 95%
f. Tingkat kehadiran mahasiswa di setiap perkuliahan mencapai 95%
2.4.2 Strategi Jangka Menengah (2020-2025)
a. Masa studi paling lama 4,5 tahun;
b. Dosen berpendidikan S3 menjadi 20%;
c. Sarana prasarana penunjang untuk proses belajar mencapai 90%;
d. Pembelajaran menggunakan Informasi Computer Tehnology (ICT) sudah
mencapai 80%;
e. Kerjasama Internasional minimal 3
f. Penelitian dosen dari dana luar negeri minimal 3
g. Pengabdian dosen dari dana luar negeri minimal 2
2.4.3 Strategi Jangka Panjang (2020-2040)
a. Tingkat kepuasan mahasiswa dalam aspek proses pembelajaran,
pengembangan profesionalisme, dan akademis lainnya pada setiap
semester dapat terpenuhi minimal 95%;