FAKULTAS DAKWAH

VISI

Menjadi Fakultas yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu dakwah dan komunikasi berbasis Empowerment yang berorientasi pada pembangunan msayarakat global

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas berbasis pengembangan ilmu dakwah dan komunikasi berbasiskan Empowerment dan nilai-nilai islami untuk menghasilkan lulusan sarjana Dakwah yang berkarakter pesantren dan memiliki kepedulian tinggi dalam pengembangan masyarakat global.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan riset dengan berbagai pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan karya akademik yang unggul, komprehensif dan kontributif atas perkembangan masyarakat dan studi ilmu dakwah dan komunikasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat dalam bidang dakwah, sosial keagamaan dan budaya masyarakat.
  4. Menyelenggarkan dan meningkatkan tata kelola, layanan dan suasana akademik fakultas dakwah yang kondusif dan profesional untuk mewujudkan good governance
  5. Membangun dan Meningkatkan kerjasama lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional sebagai penguatan tridarma pendidikan bidang ilmu dakwah dan komunikasi.

TUJUAN

  1. Terwujudnya lulusan sarjana Dakwah yang kompeten, kreatif, inovatif, berkarakter islami, dan profesional serta peduli dan mampu memberdayakan masyarakat untuk kemajuan masyarakat global
    1. Terwujudnya karya ilmiah yang unggul, komprehensif dan kontributif atas perkembangan masyarakat dan studi ilmu dakwah dan komunikasi secara global.
    1. Terwujudnya karya pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat dalam bidang dakwah, sosial keagamaan dan budaya masyarakat.
    1. Terwujudnya tata kelola, layanan dan suasana akademik fakultas yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.
    1. Terjalin dan Meningkatnya kerjasama fakultas dengan berbagai lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional.

Visi program Studi dan Penyiaran Islam IAI TABAH

Menjadi Program Studi terkemuka yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam yang berorientasi pada pembangunan masyarakat ditingkat global

Misi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI TABAH

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran KPI berbasis dakwah dan syiar Islam yang mampu memberdayakan masyarakat dan kemajuan global untuk mewujudkan lulusan yang terampil, unggul, profesional berkarakter islami, dan kompetitif di bidang jurnalistik dan Public Speaking
  2. Melaksanakan riset dengan pendekatan-pendekatan yang memanfaatkan teknologi informasi dan media massa untuk menghasilkan karya ilmiah yang relevan dengan perkembangan ilmu KPI dan perkembangan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat sesuai keilmuan komunikasi dan penyiaran Islam.
  4. Melaksanakan tata kelola dan layanan yang profesional berbasis nilai-nilai etika dan islami untuk mewujudkan good governance
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga akademik atau lainya baik dalam maupun luar negeri sebagai penguatan tridarma pendidikan tinggi bidang ilmu komunikasi dan penyiaran islam.

Tujuan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI TABAH

  1. Terwujudnya lulusan yang terampil, unggul, profesional, berakhlak mulia, dan kompetitif di bidang komunikasi dan penyiran Islam
    1. Terwujudnya kuantitas dan kualitas hasil penelitian dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang credible dan referensial bagi akademisi dan masyarakat
    1. Terwujudnya kualitas dan kuantitas hasil karya pengabdian kepada masyarakat berbasis Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat pada bidang komunikasi dan penyiaran Islam.
    1. Terwujudnya sistem tata kelola kelembagaan dan  layanan yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.
    1. Terjalin kerjasama dengan berbagai lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional.

PROFIL DAN DESKRIPSI PROFIL

No.ProfilDeskripsi Profil
1.JurnalisMampu menjadi jurnalis yang terampil, kritis, berwawasan luas, serta mengedepankan moral dan kode etik jurnalistik dalam aktivitasnya, baik sebagai jurnalis lapangan, redaksional maupun kreator media massa.  
2.Public Speaker  Menjadi Orator yang mempunyai perspektif multikultural, inklusifitas, progresifitas, komunikatif,  dapat mengeimplementasikan IT dalam kegiatannya serta berpegang teguh pada AlQuran dan Sunnah.
3.Designer GrafisMampu berwirausaha mandiri maupun kelompok di bidang design grafis serta advertising dengan semangat etos kerja Islami dan profesional
4Analis MediaMampu menganalisis, mendampingi dan mengawasi media baik online maupun offline  

CPL

CPL SIKAP
S1   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
S5   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6   Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9  Menginternalisasi Nilai Keislamanan ala Ahlu sunnah waljamaah
S10 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;
S11   Memiliki kecakapan dalam perkembangan teknologi informasi dan penerapan dalam dunia kerja
S12 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S13 Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai
bidang tugas menjadi penyiar agama Islam
CPL PENGETAHUAN
P1   Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
P2   Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)
P3   Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
P4   Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
P5   Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
P6   Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
P7   Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan teori komunikasi dan penyiaran Islam, dakwah, dasar-dasar tabligh, penyiaran,, literasi informasi, baik dalam bentuk teoritik dan empirik serta tata cara dalam ceramah umum, khutbah, orasi pada beberapa event
P8   Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan media komunikasi dan penyiaran Islam yang baik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
P9   Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islami yang relevan
P10   Menguasai pengatahuan tentang advertising,  dan produksi media iklan secara profesional, dalam level lokal, nasional dan global.
P11  Menguasai pengatahuan tentang tehnologi  infromasi multimedia, design visual, design grafis, serta media komunikasi dalam periklanan secara profesional
P12  Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan komunikasi yang  inovafativ  dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
P13 Menguasai pengetahuan analisis teks bidang media, wacana media, etnogarfi media serta hukum dan etika dalam jurnalistik
Keprotokolan, perancangan dan desain agenda, advokasi
kebijakan media, literasi informasi, publikasi informasi melalui
periklanan (advertising) baik pada media cetak, elektronik
maupun on line.
P14   Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam sosial, budaya dan  isu-isu keagamaan kontemporer yang profesional dalam nasional dan global.
CPL KETERAMPILAN UMUM
KU1   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU3   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU4   Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5   Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7   Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9   Mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar berdasarkan metode Umi;
KU10   Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.
KU11   Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
KU12   mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan, mencegah plagiasi
KU13   Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja
KU14 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil
analisis informasi dan data
KU15 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja
yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola
pembelajaran secara mandiri
CPL KETERAMPILAN KHUSUS
KK1   Mampu melaksanakan  dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah
KK2   Mampu menulis materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat.
KK3   Mampu mengelola aspek teknis hubungan publik dan komunitas (public and community relation technical framework) misalnya Event Organizer, Public Relations Officer (PRO), Media Relation Officer, dan lain-lain.
KK4   Mampu menjadi advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication chanel framework) misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain.
KK5   Mampu mengelola pengarusutamaan literasi informasi (information literacy mainstreaming Framework) misalnya, trainer,  juru penerang, dan lain-lain.
KK6   Mampu menjadi da’i professionalis (Professional da’i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain.
KK7   Mampu melakukan mediasi dalam mengatasi konflik sosial keagamaan, antar da’i, dann media dalam masyarakat multi agama.
KK8   Mampu menyusun program, desain dan pengembangan media komunikasi penyiaran Islam berdasarkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
KK9   Mampu menjalankan fungsi kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta (tenaga PR), mengelola event-event seremonial (keprotokolan) sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat.
KK10   Mampu mendesain, mengelola dan mengembangkan  lembaga komunikasi dan penyiaran Islam
KK11   Mampu menjadi da’i professionalis (Professional da’i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain.
KK12   Mampu  menerapkan model iklan dan langkah-langkah dalam produksi iklan
KK13   Mampu melaksanakan desig grafis, sinematografi, editing, dubbing dan kegiatan komunikasi dan penyiaran lainnya.
KK14   Mampu menciptakan karya-karya kreatif dalam industri media seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line,  film film pendek dan dokumenter sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam
KK15   Mampu melakukan analisis berbagai media online amupun ofline berdasarkan isu-isu strategis berdasarkan hukum dan etika dalam jurnalistik
KK16 Mampu melakukan penelitian isu-isu kebijakan media komunikasi  misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain.
KELOMPOK MATA KULIAH WAJIB NASIONAL
Pancasila
Kewarganegaraan
B Arab
B Inggris
B Indonesia
Pengantar Studi Islam
Studi Alquran
Studi Hadis
KELOMPOK MATA KULIAH WAJIB INSTITUSI
Filsafat Ilmu
Ilmu Logika
Aswaja
Kajian Kitab Kuning
Metodologi Penelitian Partisipatif
Ahlak Tasawuf
KKN
KELOMPOK MATA KULIAH DASAR UMUM (FAKULTAS)
Ilmu Dakwah
Psikologi Dakwah
Tafsir Ayat dan Hadis Dakwah
Sejarah Dakwah
Retorika Dakwah
Metodologi Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kuantitatif
Statistik Sosial
KELOMPOK MATA KULIAH KEAHLIAN UTAMA (JURNALIS)
Jurnalistik Dasar
Pengatar Ilmu Komunikasi
Psikologi Komunikasi
Sosiologi Komunikasi
Teknologi Komunikasi
Penulisan Naskah Jurnalistik
Jurnalistik Cetak
Jurnalistik Penyiaran
Jurnalistik Online
Jurnalistik Investigasi
Penulisan Artikel
Fotografi Jurnalistik
Teori Komunikasi
Penulisan Feature
Reportase Berita
Manajemen Media Massa
Skripsi
KELOMPOK MATA KULIAH PENUNJANG UTAMA (PROFIL 2: PUBLIC SPEAKER)
Publik Speaking
Micro Preaching
Komunikasi Massa
Sejarah Peradaban Islam
Komunikasi intrapersonal dan komunikasi antarpersonal
Komunikasi Politik
Etika Dakwah
Komunikasi Kelompok dan Organisasi
Dakwah Media Online
KELOMPOK MATA KULIAH PEMILIHAN PEMINATAN (PROFIL 3: DESIGNER GRAFIS)
Advertising
Multimedia
Desain komunikasi Visual
Enterpreneurship
Media Komunikasi
Design Grafis
Komunikasi Bisnis
Produksi Media Iklan
KELOMPOK MATA KULIAH PEMILIHAN PEMINATAN (PROFIL 4: ANALIS MEDIA)
Analisis Teks Media
Komunikasi Antar Budaya
Analisis Wacana Media
Studi Agama Kontemporer
Metodologi Penelitian Sosial
Hukum dan Etika Jurnalistik
Etnografi Media

SEBARAN MATA KULIAH MBKM KPI

SMT JENIS MKKODEMATA KULIAHSKS
1 KWN2201Pancasila2
1 KWN2203B Arab2
1 KWN2204B Inggris2
1 KWN2205B Indonesia2
1 KWN2206Pengantar Studi Islam2
1 KWN2207Studi Alquran2
1 KWN2208Studi Hadis2
1 KWI2201Filsafat Ilmu2
1 FAD2201Ilmu Dakwah2
1 KWI2202Ilmu Logika2
1 FAD2209Pengantar Ilmu Komunikasi2
1 KWI2206Ahlak Tasawuf2
    24
2 KWN2202Kewarganegaraan2
2 KWI2203Aswaja2
2 FAD2204Sejarah Dakwah2
2 FAD2203Tafsir ayat dan hadits dakwah2
2 FAD2209fiqih dakwah2
2 KPI2201Jurnalistik Dasar2
2 KPI2225Sejarah Peradaban Islam2
2 FAD2205Retorika Dakwah2
2 KPI2212Teori Komunikasi2
2 KPI2223Etika Dakwah2
  KPI2227Dasar-Dasar Penyiaran2
2 KPI2218Public Speaking2
    24
3 FAD2202Psikologi Dakwah2
3 KWI2204Kajian Kitab Kuning3
3 KPI2208Jurnalistik Online2
3 KPI2211Fotografi Jurnalistik2
3 KPI2220Komunikasi Massa3
3 KPI2214Manajemen Media Massa2
3 KPI2207Jurnalistik Cetak2
3 KPI2204Sosiologi Komunikasi2
3 KPI2205Teknologi Komunikasi2
3 KWI2205Metpen Partisipatif2
3 KPI2206Penulisan Naskah Jurnalistik2
    24
4 KPI2218Publik Speaking2
4 FAD2206Metpen Kualitatif2
4 FAD2207Metpen Kuantitatif2
4 FAD2208Statistik Sosial2
4 KPI2226Komunikasi kelompok dan organisasi2
4 KPI2221Komunikasi intrapersonal dan komunikasi antarpersonal2
4 KPI2209Jurnalistik investigasi2
4 KPI2213Penulisan Feature2
4 KPI2224Dakwah Media Online2
4 KPI2219Micro Preaching2
4 KPI2210Penulisan Artikel2
4 KPI2203Psikologi Komunikasi2
    24
5 MBKPI01Advertising2
5 MBKPI02Multimedia2
5 MBKPI03Desain komunikasi Visual3
5 MBKPI04Enterpreneurship2
5 MBKPI05Media Komunikasi2
5 MBKPI06Design Grafis3
5 MBKPI07Komunikasi Bisnis2
5 MBKPI08Produksi Media Iklan2
5 MBKPI09Produksi dan Editing Siaran2
    20
5 MBKPI10Analisis Teks Media3
5 MBKPI11Komunikasi Antar Budaya2
5 MBKPI12Analisis Wacana Media2
5 MBKPI13Studi Agama Kontemporer2
5 MBKPI14Metodologi Penelitian Sosial3
5 MBKPI15Hukum dan Etika Jurnalistik2
5 MBKPI16Komunikasi Politik3
5 MBKPI17Etnografi Media3
     
     
    20
6 MBKPI18PKL-Penulisan Berita3
6 MBKPI19PKL-Penulisan Artikel3
6 MBKPI20PKL-Penulisan Feature3
6 MBKPI21PKL-Fotografi Jurnalistik3
6 MBKPI22PKL-Sinematografi3
6 MBKPI23PKL-Reportase Berita2
6 MBKPI24PKL-Produk Media3