Dosen PGMI IAI TABAH Kenalkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

by Jul 15, 2023Berita0 comments

IAI TABAH–Langkah nyata dilakukan IAI Tarbiyatut Tholabah Lamongan untuk menjadi salah satu kampus yang memberlakukan dan menjadi pendamping Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Sebagai Langkah awal adalah adanya pengadaan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka untuk seluruh guru di beberapa madrasah di wilayah Pantura Lamongan.

Sabtu (15/07/2023), Nur Hakim, M.Ag dosen tetap Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) diminta menjadi fasilitator workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Al-Jihad Astana Brondong Lamongan. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah guru MI Al-Jihad.

Di sesi pertama, narasumber memberikan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Pembelajaran Berdiferensiasi, dan Asesmen. Saat mengenalkan Kurikulum Merdeka, narsum menyebutkan beberapa keunggulan Kurikulum Merdeka.

“Kurikulum Merdeka memiliki beberapa keunggulan; lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, serta lebih relevan dan interaktif,” terang Pak Hakim.

Lebih lanjut, narsum yang juga Kaprodi PGMI IAI TABAH ini memahamkan kepada para peserta bagaimana caranya melakukan pembelajaran berdiferensiasi. “Tomlinson dalam bukunya How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan tiga aspek; kesiapan belajar (readiness) murid, minat murid, dan profil belajar murid,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MI Al-Jihad yang juga turut serta menjadi peserta workshop berharap para guru mampu memahami konsep Kurikulum Merdeka. “Kami berharap dengan adanya workshop ini, para guru mampu memahami konsep Kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta mampu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024 ini,” tandas Kamad.

Di akhir sesi, Shibi Zuharoul Mardliyah, M.Pd selaku moderator mengenalkan aplikasi Merdeka Mengajar kepada para peserta. “Untuk mempelajari Kurikulum Merdeka secara mandiri, Bapak Ibu bisa mendownload aplikasi Merdeka Mengajar di Playstore atau mengunjungi website www.guru.kemdikbud.go.id dan log in menggunakan akun madrasah.kemenag.go.id yang telah dibuatkan oleh KSKK,” tuturnya. []