Dalam Rangka Dies Natalis IAI Tabah Ke 29 Prodi IAT Selenggarakan Festival Qur’an V

by Mar 8, 2023Berita0 comments

IAI TABAH–Dalam Rangka Memeriahkan hari ulang tahun atau Dies Natalis Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan ke 29, Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir selenggarakan Festival Qur’ani V di Aula KH. Musthofa IAI Tabah, Rabu, 08/03/2023.

Siti Fahimah, Kaprodi IAT menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan upaya prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, selain dalam rangka memeriahkan Dies Natalis juga dapat menjadi sarana pengembangan diri dalam bidang Al Qur’an.

“Kegiatan festival ini terdiri dari lomba MHQ (musabaqah hifdhil Qur’an) dan MTQ (musabaqah Tartil Al-Qur’an) tingkat SMA sederajat SE Jatim,” terang, Siti Fahimah.

“Menambahkan, Siti Fahimah, di program studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir IAI Tabah juga terdapat beberapa kegiatan mahasiswa dalam bidang Al Qur’an seperti pelatihan dan pendampingan menulis karya ilmiah bidang Tafsir Al Qur’an, kita juga ada Himaprodi IAT, prodi juga fokus dalam mencetak lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang Tafsir Qur’an, dan juga aktif di Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI)”

Pada Festival Qur’ani tahun ini yang berhasil mendapatkan juara MHQ 5 juz di antaranya:
Juara 1 Deby Alfa Alfi Robi’ati dari MA Al-Fathimiyah
Juara 2. Syifaul Ayuni dari SMK Sunan Drajat Dukun Gresik
Juara 3. Hidayatus Saniyah dari MAS Tarbiyatut Tholabah Kranji

Sementara cabang MTQ yang berhasil mendapatkan juara adalah sebagai berikut:
Juara 1 Istiqomah Qaway Annisaul Ahkam dari MA Ma’arif NU As Sa’adah
Juara 2 Muhammad Hilmi Mubarok dari SMKS Ihyaul Ulum Gresik
Juara 3 Cinta wardatun Najah Amanatillah dari MA Ma’arif NU As Sa’adah

MK. Fatih