Seminar Drone Videography KPI IAI TABAH: Generasi Muda Siap Berkarya Menjelajahi Dunia

by Feb 26, 2023Berita0 comments

IAI TABAH–Minggu (26/02/2023) Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAI TABAH menyelenggarakan Seminar Drone Videography dengan pembicara oleh Muhammad Fifit (Founder Fiesual) dengan tema; Generasi Muda Siap Berkarya Menjelajahi Dunia, bertempat di Aula KH. Musthofa IAI TABAH.

“Memang saat ini pemakaian drone atau pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) sangatlah diperlukan dan dibutuhkan berbagai sektor kehidupan. Drone adalah pesawat tanpa awak yang bisa terbang dengan dikendalikan dari jarak jauh pakai remote control,” jelas Ibu Intihaul Khiyaroh, MA. (Kaprodi KPI IAI TABAH) dalam sambutan seminar tersebut.

Drone biasa mempunyai berbagai macam jenis ukuran, bentuk, dan fungsi. Bahan materialnya drone terbuat dari bahan yang ringan, sehingga bisa terbang dengan cepat dan terbang pada ketinggian yang rendah maupun ketinggian tertentu. Drone sendiri memiliki kamera, infra merah, GPS, sensor, dan alat pendukung lainnya. Penggunaan drone sendiri dapat menghemat biaya, hemat waktu dan resiko rendah.

Manfaat penggunaan drone, seperti bidang fotografi/videografi: Para penghobi fotografi dan videografi profesional biasanya memiliki pesawat tanpa awak yang berukuran kecil dan ringan untuk memotret dan merekam objek dari ketinggian. Bidang bencana alam: bisa membuat akses antar bantuan ke lokasi bencana terputus. Kecanggihan drone pun dimanfaatkan ketika bencana tiba seperti melacak korban, mengumpulkan dan mengirimkan sampel medis, persediaan dan obat-obatan ke daerah terpencil dan tidak terjangkau.

Selain itu, drone juga bisa menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi manusia dan membantu dalam skenario pencarian dan penyelamatan. Bidang tambang, gas dan minyak bumi: drone dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi geologi dengan bantuan sensor elektromagnetik. Kehadiran drone dapat membantu ahli geofisika mengidentifikasi dan memperkirakan lokasi serta keberadaan mineral, minyak dan gas alam. Bidang Konstruksi: drone mempermudah survei tanah dan mengumpulkan informasi di lokasi konstruksi.

Drone juga digunakan untuk mengumpulkan video dan gambar rumah dan bangunan, yang kemudian dipakai untuk materi pemasaran dan membantu proses penjualan real estate. Bidang militer: drone sangat efektif untuk strategi perang, mengawasi musuh hingga menjadi mata-mata, pengumpulan informasi, mengikuti target atau menyerang musuh dengan cepat. Militer juga dapat melengkapi drone dengan misil untuk melumpuhkan target atau memberi bantuan kepada pasukan yang ada di darat untuk tugas selanjutnya. Drone militer dapat dikontrol dan digerakkan dari jarak jauh, sehingga bisa mengawasi dan memata-matai musuh.

Di samping itu, drone juga bisa menembakkan rudal untuk melumpuhkan musuh yang kamu sasar. Bidang pemadam kebakaran: drone dapat membantu petugas pemadam kebakaran memberikan informasi langsung lokasi kejadian kebakaran, bagaimana api menyebar, mana titik evakuasi serta menemukan korban yang terperangkap di suatu ruangan. Bidang pertanian: drone dapat meningkatkan produksi tanaman dan memantau pertumbuhan tanaman. Drone dapat terbang tinggi untuk memberikan informasi terkait masalah irigasi, variasi tanah, serangan hama dan kondisi kesehatan tanaman. Beberapa manfaat drone dalam teknologi pertanian antara lain: sebagai sistem pemantau pertumbuhan tanaman, penilaian kondisi tanah, sistem irigasi dan drainase, monitoring hewan ternak, optimasi populasi tanaman terhadap lahan, dan lain sebagainya.

Bidang lalu lintas: drone dapat merekam padat atau tidaknya jalanan, serta apakah ada peristiwa seperti kecelakaan lalu lintas. Masih berhubungan dengan lalu lintas, manfaat drone yang berikutnya adalah untuk tilang elektronik. Sebenarnya tilang elektronik sudah berlaku di beberapa kota di Indonesia. Pengendara yang melanggaran aturan lalu lintas bisa ditegur melalui speaker yang dapat dipantau melalui CCTV.

Di China, ada drone yang juga memiliki speaker yang dapat mendeteksi terjadinya pelanggaran seperti menerobos lalu lintas, berkendara melawan arah, atau tidak memakai helm saat bepergian. Bidang jurnalistik: mengirim drone di area peperangan untuk mengetahui secara live apa yang sedang terjadi karena mengirimkan langsung wartawan dan cameramen tentu resikonya sangat membahayakan. Bidang perfilman: drone bisa digunakan untuk membawa kamera dalam proses pengambilan gambar spektakuler yang dibutuhkan. Semakin bagus kualitas drone dan kamera, semakin baik pula gambar yang bisa Anda hasilkan. Hingga hari ini sendiri, spesifikasi drone yang makin canggih semakin memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi.

Selanjutnya bidang pemetaan: drone bisa membantu proses pemetaan karena biaya drone bisa lebih murah dan kerja pemetaan bisa lebih ringan saat bertemu dengan medan sulit dijangkau. Dengan menggunakan drone, hasil peta yang di buat bisa menjadi 3 Dimensi, dan sebagainya, lebih canggih lagi, pemetaan menggunakan drone juga bisa untuk mendeteksi kesehatan vegetasi dengan sensor lidar. (Red)