SOPAN DALAM BERBAHASA CERMINAN DARI KEPRIBADIAN

by Feb 19, 2022Opini

Pada zaman sekarang, tidak dapat dipungkiri kemampuan berbahasa seseorang sangatlah penting. Bahasa tidak hanya menjadi sebagai alat komunikasi saja, melainkan bahasa bisa menunjukkan sifat dan kepribadian seseorang. Jika seseorang menggunakan kemampuan berbahasanya dengan baik, ramah, dan santun, akan menimbulkan kesan yang baik dan sopan dikalangan masyarakat. Sebaliknya jika menggunakan bahasa yang kasar dan tidak sopan, maka akan menimbulkan kesan jelek dimata masyarakat. Jadi, kemampuan berbahasa yang baik sangat diperlukan setiap masyarakat, apalagi pada kalangan akademisi yang tidak lain adalah orang yang mempunyai pendidikan. Kemampuan berbahasa yang baik merupakan ciri dari orang yang menghormati agama dan budaya. Orang yang mempunyai kemampuan berbahasa yang baik akan bisa menempatkan dirinya ditengahtengah masyarakat sebagai warga yang baik dan dapat diterima dikalangan masyarakat.

Ketrampilan berbahasa santun harus dimiliki oleh seseorang. Seseorang yang mempunyai ketrampilan berbahasa yang baik akan dapat dilihat dari cara berkomunikasinya. Seseorang tersebut akan bisa menempatkan posisi pada siapa dia berbicara. Kepada orang yang lebih tua, teman sejawat, atau pada orang yang lebih muda. Ini akan menimbulkan kesan dan kepribadian yang baik pada seseorang tersebut. Dalam hal kemampuan berbahasa yang baik dan sopan tidak hanya harus dilakukan pada dunia nyata saja, tetapi juga harus bijak dalam menggunakan bahasa di dunia maya. Sosial media setiap hari selalu update mengenai kondisi yang ada. Bukan hanya kaum anak muda saja, melainkan mulai dari anak-anak hingga orang tua selalu update dalam sosial media. Dalam bersosial media hendaknya berhati-hati dalam menggunakan bahasa. Banyak orang terkena pelanggaran Undang-Undang karena bahasa yang digunakan di sosial media menyinggung orang lain sehingga hanya akan merugikan diri sendiri. Banyak terjadi kesalahfahaman dalam berbahasa sehingga menimbulkan perpecahan yang mengakibatkan saling bermusuhan antara satu dengan yang lain. Itu semua terjadi karena kurang santunnya dalam menggunakan bahasa yang digunakan dalam sosial media.

Untuk mewujudkan ketrampilan berbahasa yang baik harus bermula dari lingkungan keluarga dari orang tua dan lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah, keteladanan seorang guru sangat dibutuhkan dengan cara menggunakan bahasa yang baik dalam berinterkasi dengan siswanya. Bahasa yang digunakan oleh guru harus bersifat sopan dan santun agar siswanya juga bisa mengikuti bahasa yang digunakan oleh gurunya tersebut. Ini akan menjadi salah satu pembentukan karakter siswa agar terwujudnya kebiasaan sopan santun dalam berbahasa. Peran yang tidak kalah pentingnya dari peran seorang guru adalah peranan dari orang tua. Peran dari orang tua sangat berpengaruh pada perkembangan berbahasa anak. Orang tua dapat mengajari dan memberikan contoh dengan menggunakan kosakata yang santun dalam berbicara dengan anak dan mengajarkan anak supaya menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Dengan demikian, agar generasi muda saat ini terhindar dari penggunaan bahasa yang tidak sopan dan akan merugikan diri sendiri, maka perlu adanya tindakan untuk membekali anak dalam pendidikan berbaahasa yang baik dan sopan. Ketrampilan berbahasa yang baik dan sopan bisa menjadi bekal untuk bisa mengabdi pada masyarakat, menempatkan diri pada lingkungan yang baru supaya bisa cepat beradaptasi pada lingkungan tersebut. Bahasa yang digunakan akan menjadi cerminan dari kepribadian seseorang. Seseorang bisa berada pada kondisi sukses karena bahasa yang digunakan, ada pula seseorang bisa dalam keadaan tertekan atau jatuh karena bahasa yang digunakan. Apabila kita menggunakan bahasa yang baik dan sopan, maka kita akan bisa menghormati dan bisa dihargai oleh orang lain.

Penulis: A. Kavin Lidinillah, M.Hum