CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM TARBIYATUT THOLABAH

by | Feb 7, 2022 | PAI

  1. SIKAP DAN TATA NILAI
A-01Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
A-02Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
A-03Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
A-04Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara
A-05Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
A-06Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
A-07Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
A-08Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik menunjukkan
A-09Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
A-10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
A-11Bertanggungjawab pada nilai-nilai keilmuan akademik sebagai sarjana  Pendidikan Agama Islam yang berwawasan kemanusiaan
A-12Memiliki komitmen dan berbakti dalam pengembangan keilmuan dan keIslaman untuk masyarakat dan bangsa
  • KETRAMPILAN / KEMAMPUAN KERJA
B-01Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahlian
B-02Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
B-03Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
B-04Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tuags akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
B-05Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di keahliannya di berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
B-06Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
B-07Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
B-08Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
B-09Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
B-10Mampu menerapkan prinsip-prinsip teori keilmuan pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran secara filosofis,logis dan  inovatif.
B-11Mampu menjelaskan agama Islam secara mendalam dengan logis dan sistematis
B-12Mampu memahami karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan kognisi, emosi, sosial dan motorik untuk menyelesaikan hambatan-hambatan belajar .
B-13Mampu mengembangkan kurikulum, tujuan, strategi, bahan ajar, media dan sumber belajar PAI secara sistemetis dan inovatif
B-14Mampu merancang model dan strategi pembelajaran PAI dengan sistematis dan inovatif sesuai karakteristik materi ajar
B-15Mampu merencanakan, melaksanakan, dan penilaian pembelajaran Agama Islam dengan sistematis dan inovatif
B-16Mampu menerapkan dan merancang penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran PAI secara logis dan sistematis serta mamanfaatkan sesuai kebutuhan
B-17Mampu mengembangkan materi dan menformulasikan dalam perencanaan  pembelajaran PAI  pada jenjang MTs/SMP dan MA/SMA secara sistematis dan inovatif
B-18Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan bahasa Indonesia, Arab dan Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangan dunia akademik
B-19Mampu memberikan pembelajaran Alquran dengan metode Ummi secara sistematis dan inovatif
B-20Mampu membaca kitab berbahasa arab melalui pendekatan tata bahasa secara logis dan sistematis
B-21Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah maupun dengan stake holder
B-22Mampu mengembangkan kompetensi keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi
B-23Mampu merancang dan menerapkan penelitian kualitatif  baik dalam pendidikan maupun bidang sosial keagamaan
B-24Mampu merancang dan menerapkan penelitian kuantitatif baik dalam pendidikan maupun bidang sosial keagamaan
B-25Mampu merancang dan menerapkan penelitian tindakan baik dalam problem pembelajaran PAI secara sistematifs dan inovatif
B-26Mampu merancang dan menerapkan penelitian partifipatif baik dalam pendidikan,sosial dan keagamaan
B-27Mampu mengolah dan menganalisis data dengan memanfaatkan keunggulan teknologi informasi yang berkembang dalam mendukung proses penelitian
B-28Mampu mengelola proses pembelajaran berbasis kelas yang bisa mengoptimalkan potensi diri siswa sebagai manajer dan fasilitator KBM pada jalur formal dan nonformal
B-29Mampu merancang perencanaan, pengelolaan,dan kontrol dalam lembaga pendidikan secara logis dan inovatif
B-30Mampu memahami dan menganalisis kepemimpinan pendidikan yang efektif secara logis dan sistematis
B-31Mampu memahami dan merancang tehnik, model, dan pendekatan supervisi pembelajaran baik individu siswa dan guru maupun lembaga pendidikan.
B-32Mampu merancang jenis usaha atau pelayann jasa dalam bidang pendidikan secara logis dan inovatif
B-33Mampu membangun networking pada masyarakat pendidikan, Implementasi dan diseminasi inovasi dalam dunia pendidikan
B-34Mampu membuat media pembelajaran kekinian dengan memanfaatkan multimedia informasi dengan logis dan inovatif
B-35Mampu memanfaatkan secara Optimalisasi teknologi informasi dalam rangka meningkatkan dan menciptakan inovasi mutakhir.
  • PENGUASAAN PENGETAHUAN
C-1Mampu menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum
C-2Mampu menguasai konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan secara mendalam
C-3Mampu memformulasikan penyelesaian bidang pengetahuan secara prosedural.
C-4Menguasai pengetahuan tentang filsafat, pancasila, kewarganegaraan, sebagai dasar wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
C-5Menguasai konsep teoritis pengetahuan Islam, nilai-nilai agama dan etika untuk pengembangan materi pembelajaran dan memecahkan persoalan sosial masyarakat
C-6Menguasai konsep teoritis dan filosofis pendidikan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
C-7Mengusai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan kognisi, emosi, sosial dan motorik usia sekolah tingkat menengah MTs/SMP dan MA/SMA
C-8Menguasai pengembangan kurikulum dan bahan ajar untuk peningkatan kualitas pembelajaran
C-9Menguasai konsep, prinsip, dan langkah-langkah berbagai strategi dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam.
C-10Menguasai teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam
C-11Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan  Pendidikan Agama Islam yang mencakup bidang keilmuan al-qur’an-hadits, akidah-akhlak, fikih, dan sejarah kebudayaan Islam
C-12Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris
C-13Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam  karya ilmiah/akademik
C-14Menguasai konsep dan etika profesi dan komunikasi baik yuridis maupun teoritis untuk pembelajaran maupun maupun dengan stake holder
C-15Menguasai tehnik dan aplikasi tehnologi multimedia untuk pengembangan media pembelajaran yang efektif dan inovatif
C-16Menguasai konsep dasar pendekatan penelitian baik partisipatif, kualitatif, kuantitatif, dan tindakan di bidang pendidikan Agama Islam dan sosial keagamaan.
C-17Menguasai konsep pengorganisasian data kualitatif dan kuantitatif.
C-18Menguasai berbagai teknik pengolahan data untuk menghasilkan analisis data yang valid dan reliable
C-19Menguasai berbagai tehnik analisa data untuk menghasilkan kesimpulan hasil penelitian yang logis dan sistematis
C-20Menguasai pengetahuan manajemen di bidang lembaga pendidikan
C-21Menguasi konsep dasar lembaga pendidikan pada jalur formal dan nonformal.
C-22Menguasai tehnik pengelolaan kelas untuk peningkatan proses pembelajaran pembelajaran yang kondusif dan inovatif
C-23Mengusai pengetahuan tentang optimalisasi sumber daya di dalam lembaga pendidikan
C-24Mengusai pengetahuan kepemimpinan untuk perubahan dan pengembangan lembaga pendidikan islam
C-25Menguasai pengetahuan tentang supervisi pembelajaran untuk pengembangan dan peningkatan pendidikan agama Islam
C-26Menguasai  pengetahuan tentang teori-teori kewirausahaan dalam bidang pendidikan untuk pengembangan diri dan profesi
C-27Menguasai konsep inovasi dan difusi pendidikan Islam dalam pelayanan jasa dan pemenuhan kebutuhan peserta didik serta masyarakat
C-28Menguasai pengetahuan tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan multimedia yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan
C-29Memiliki kemampuan memanfaatkan jejaring Kemitraan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa pendidikan sebagai pengembangan kompetensi diri dan profesi