Pengembangan Organisasi Alumni

by Jan 23, 2022Opini

Kita harus sepakat potensi kecil jika dikelola dengan benar akan menjadi kekuatan besar. Kita juga tau potensi besar dan kuat jika dikelola ala kadarnya maka akan biasa biasa saja bahkan suatu saat pasti akan musnah.

Seringkali perubahan dimulai dari komunitas kecil dengan pemikiran dan tindakan cerdas. Dari komunitas kecil dan cerdas inilah tumbuh kembang ide besar dan perubahan besar. Hal ini bisa tejadi di organisasi apapun mulai dari organisasi bisnis, profesi, pendidikan, politik, ataupun oraganisasi alumni termasuk Ikatan alumni Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IKA IAI TABAH).

IAI Tabah merupakan Perguruan tinggi berbasis pesantren. Spirit dan perjuangan dalam rel pengembangan masyarakat muslim dan memberikan solusi di tengah tengah tengah masyarakat. Pada mulanya IAI TABAH merupakan K3 (Kuliah kitab kuning) bentuk pendidikan lanjutan non formal bagi santri pondok pesantren. Berdirilah perguruan tinggi STIT sunan Giri Lamongan kelas kranji kemudian STAI Sunan Drajat dan kini IAI TABAH.

Berdirinya Perguruan tinggi ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat sekitar atas perubahan kurikulum nasional. Perubahan Kurikulum nasional tersebut ada suatu konsekwensinya yaitu kualifikasi tenaga pendidik S1.

Perkembangan perguruan tinggi di lingkungan Yayasan Tarbiyatut Tholabah ini tentu saja tidak lepas dari perkembangan masyarakat sekitar. Dengan bertambahnya program studi diharapkan kiprah Perguruan tinggi berbasis pesantren ini mampu menjangkau kebutuhan masyarakat di banyak sektor.

Sondang P. Siagian dalam teori pengembangan Organisasi (2012) mengutarakan, Karakter pengembangan organisasi yang efektif sebagai berikut: Strategi terencana, Kolaborasi berbagai pihak, Menekankan cara cara baru, Humanistic value, Systematic approach dan Scientific approach.

Strategi terencana, ini sangat penting untuk mencapai program yang ditetapkan. Pertambahan jumlah anggota setiap tahun adalah konsekwensi periodik terprogram dari Perguruan tinggi (PT). Tanpa mepunyai strategi terencana maka tidak mungkin organisasi bisa berjalan efektif. Kolaborasi dengan berbagai pihak adalah suatu keniscayaan, satu pihak tentu tidak bisa bekerja sendiri maka harus berkolaborasi dengan berbagai pihak baik dengan pihak internal organisasi maupun pihak eksternal organisasi. Kolaborasi ini tentunya saling menguntungkan pihak pihak terkait.  Menekankan cara acara baru, merupakan ciri pengembangan organisasi yang efektif. Disamping menggunakan cara cara lama yang masih relevan dan efektif digunakan sudah seharusnya cara dan metode baru harus ditekankan karena harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, informasi dan teknologi terbaru. Menekankan inovasi inovasi terbaru maka akan memberi manfaat bagi organisasi.  

Humanistic value yakni menekankan pada aspek manfaat kemanusian. Nilai nilai kemanfaatan sosial pada masyarakat sekitar adalah unsur penting bagi pengembangan organisasi. Dalam hal ini masyarakat merasakan kehadiran suatu organisasi. Systematic approach, pendekatan sistematis yang menekankan atau memperhitungkan pada interelasi, interaksi interdepedensi antara berbagai satuan kerja. Scientific approach, pendekatan ilmiah merupakan cara yang terukur dalam melakukan pengembangan organisasi. Cara ini ini bukan lagi menggunakan perasaan atau emosional dari pelaku oraganisasi. Pendekatan ilmiah juga bukan menggunakan dogma dan doktrin dari pelaku organisasi.

Organisasi alumni oleh sebagian Perguruan tinggi mendapatkan posisi penting dalam penentuan kebijakan kampus. Misalnya struktur strategis PT, majlis wali amanah (MWA), Yayasan yang menaungi PT maupun senat PT seringkali menempatkan representasi dari alumninya. Artinya posisi alumni dianggap penting dan harus diperhatikan oleh pengelola Perguruan tinggi. Karena hal tersebut merupakan aset Perguruan tinggi. Dalam hal ini Perguruan tinggi selayaknya memberikan ruang dan kepercayaan serta kerja sama yang saling menguntungkan.

IKA IAI TABAH merupakan organisasi alumni dari perguruan tinggi berkembang. Organisasi secara wajar keanggotan terus bertambah dan berbagai latarbelakang pendidikan semakin bervariasi sesuai perkembanagan program studi yang ada di PT. Selain menjadi tenaga pendidikan aktif di PT alumni juga bisa sebagai juru bicara di masyarakat. Di tengah tengah persaingan pendidikan tinggi yang semakin ketat. Mereka menginformasikan perguruan tinggi tempat mereka belajar selalu konsisten dalam mencetak tenaga tenaga professional dibidangnya bukan sekedar pencetak ijazah. Dan tentunya menjalankan tugas pokok pendidikan tinggi, tri dharma perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Shearing gagasan untuk baik untuk program jangka pendek maupun panjang penting diadakan. Merumuskan gagasan strategis maupun taktis juga suatu keharusan untuk pengembangan organisasi ini. Bila perlu IKA IAI TABAH mempunyai balai alumni untuk membincang hal hal yang dibutuhkan para alumni baru yang kesusahan dalam menghadapi realita pasca studi.

Secara kongkrit IKA IAI TABAH bisa dikembangkan mula mula dari data base, up dating data dan pemetaan potensi alumni. Hal ini penting untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Melalui prinsip prinsip dan teori pengembangan organisasi maka pertemuan alumni tidak hanya didominasi acara seremonial perguruan tinggi saja. Tidak relevan acara pertemuan alumni dengan berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan namun yang dibahas topik akademik-ilmiah suatu jurnal yang sama sekali tidak ada hubungan dengan kepentingan alumni secara umum.

Pengembangan organisasi juga bisa dilakukan dengan mendirikan usaha bersama. Bukan berarti alumni bekerja di perusahaan tersebut namun IKA dan PT merumuskan usaha secara meyakinkan, patungan modal dan menunjuk pelaku usaha yang kompeten dan sudah teruji. Profit dari hasil usaha disepakati untuk anggota, pengembangan kampus, pemberdayaan alumni dan untuk kepentingan sosial lainya.

Wallahu a’lam…

Penulis: Anang Romli, M.Pd