Workshop Membangun MBKM melalui SKPI Berkualitas dan Pendirian Sertifikat Profesi

by Dec 19, 2021Berita

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan Eny Lathifah, M.Ak menghadiri Workhop yang diselenggarakan oleh FORSES (Forum Program Studi Ekonomi Syariah) yang diselenggarakan pada tanggal 18-19 Desember 2021 di Hotel GreenSa Inn Jl. Raya Juanda 86 Sedati, Sidoarjo. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) melalui SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) berkualitas dan Pendirian Lemabaga Sertifikasi Profesi”.

Narasumber pertama dalam Workhop ini adalah Dr. M.Yunus Abu Bakar, M.Ag ( Sekretaris Kopertais IV Surabaya) dengan Materi Penerapan SKPI di Kampus Swasta melalui Kepdirjen 3786 Tahun 2021. Dalam menyampaikan materi dilakukan dengan via Video Record dengan titik pesan bahwa PTKIS di Tahun 2021 harus menerbitkan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) baik untuk tingkatan Sarjana S1 maupun Pascasarjana (S2/S3).

Narasumber kedua adalah Dr. Sukamto,M.E.I (Tim MBKM Universitas Yidharta Pasuruan) dengan Tema Menuju Kampus MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Disini diberikan pemahaman bahwa tidak mudah merumuskan kurikulum MBKM. Dalam proses penentuan kurikulum MBKM Perlu mengajak Stakeholder dalam perumusan tersebut serta memperbanyak MoU (Kesepakatan Kerjasama) dengan berbagai Instansi baik Perguruan Tinggi dan Lembaga Keuangan baik Bank maupun nonbank serta Lembaga Unicorm yang berkaitan dengan praktek digitalisasi.
dan sesi terakhir sebelum Reformasi ada narasumber Ratna Yudha, M.Psi, CHCSM., CE., (Managing Director Metaprogress Training & Consulting) dengan Tema Pendirian LSP-1 di perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Perlu adanya tekad dan niat kuat dalam pendirian LSP di Perguruan tinggi, selain membutuhkan dana yang tidak sedikit tetapi Sumber Daya Manusianya harus memenuhi kreteria Knowledge, Skill dan etitude.
Penghujung kegiatan ini adalah reformasi pengurus FORSES (Forum Program Studi Ekonomi Syariah) dan dalam Reformasi ini didapatkan hasil bahwa yang menjadi Ketua FORSES tahun 2021-2024 adalah Muhammad Kambali,S.H.I.,M.E.I Ketua Program studi STAI Al-Azhar Menganti Gresik. (El)

Foto Bersama Para Peserta Workshop
Saat narasumber memberikan materi MBKM