KEPEMIMPINAN, PEREMPUAN DAN GENDER.

by Feb 3, 2020Berita, IAI TABAH

Ahad, 26 Januari 2020, bertempat di gedung MWC NU TIKUNG, Wardatul Karomah ketua PSGL IAI TABAH berkesempatan untuk memberikan Materi tentang Kepemimpinan Perempuan Prespektif Gender dalam kegiatan Sekolah Islam dan Gender (SIG) yang diselenggarakan oleh Pengurus Rayon PMII AD-DAKHIL.

Dalam kesempatan tersebut, Wardah mengajak peserta untuk mengulas kembali tentang kata KEPEMIMPINAN, PEREMPUAN dan GENDER.

Dalam faktanya bahwa Kepemimpinan Perempuan di Kabupaten Lamongan belum mencapai minimal kuota 30%. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah anggota legislatif Kabupaten Lamongan tahun 2019-2024 adalah sebanyak 12 orang dari jumlah total 50 anggota legislatif Kabupaten Lamongan yang dalam hal ini berarti baru tercapai 24%,  data yang lain menunjukkan bahwa kepala desa perempuan yang dilantik pada masa jabatan 2019-2025 adalah sebanyak 22 Kades perempuan dari jumlah total  369 kepala desa (6%).

Fakta tersebut, menunjukkan bahwa Kepemimpinan Perempuan masih perlu untuk ditingkatkan. Supaya amanah Inpres nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan dapat terwujud, serta amanah UU nomor 1 thn 2017 tentang kesetaraan dan keadilan gender dapat tercapai dengan  maksimal. (war)