SOSIALISASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUALITAS PADA REMAJA PEDESAAN

by Nov 21, 2019Berita

Senin, 07 Oktober 2019, bertempat di AULA Lesung Si Panji Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan jln Dr. Wahidin Sudiro Husodo no. 57 Lamongan dilaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas pada remaja pedesaan Kabupaten Lamongan yang diselenggarakan oleh Dinas kesehatan Kabupaten Lamongan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 66 peserta dari 11 puskesmas di 9 wilayah kecamatan daerah selatan Kabupaten Lamongan, yaitu kecamatan Sukorame, Bluluk, Modo, ngimbang, sambeng, Kedungpring, Sugio, mantup, Kembangbahu. Dalam kesempatan tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan menggandeng Wardatul Karomah selaku ketua pusat studi gender dan lingkungan (PSGL) IAI TABAH Lamongan, yang sekaligus juga aktif di kegiatan sosial melalui lembaga swadaya masyarakat Aliansi Perempuan Lamongan (APEL).

Materi yabg disampaikan oleh Wardah panggilan sehari-hari ibu dua anak ini adalah tentang pengertian Kespro, siapa yg disebut remaja, bagaimana tanda-tanda bahwa organ reproduksi pada laki-laki atau perempuan itu telah berfungsi, serta bagaimana menjadi alat reproduksi supaya tetap sehat dan juga membekali peserta dengan menunjukkan penyakit kelamin yang disebabkan adanya Infeksi menular seksual.

Saat slide materi ditunjukkan, para peserta histeris dengan gambar-gambar penyakit kelamin baik yang dialami oleh laki-laki maupun perempuan, dari itulah maka pemateri dapat dengan mudah menggiring kesadaran diri para remaja untuk selalu berprilaku yang sehat dan berpikir positif, untuk menjadi generasi penerus yang sehat, dan hebat (wk).