Mahasiswa Prodi IAT turut serta dalam pelantikan pengurus FMKTHI dan kegitan Sekolah Tafsir di madura

by Nov 15, 2019Berita

Mahasiswa Program Studi Ilmu Alquran Dan Tafsir (IAT) Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI TABAH) Kanji Paciran Lamongan, yang diwakili oleh Subandi, Ahmad Khanifan, Efa Nur Fitriyah, Rihmatul Musyazaroh dan Yaqutatil Farida, ikut serta dalam kegiatan Sekolah Tafsir 2 se Jawa Timur sekaligus pelantikan pengurus dan musyawarah kerja Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis (FKMTHI) wilayah Jawa Timur  yang ke VII.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh kampus IAIN Madura pada Senin-Rabu (11-13/11/2019) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center Madura. Yang diisi oleh pemateri Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, M. Ag (Kaprodi Ilmu Alquram Dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga), Dr. Subhan Zamzami, Lc, M. Ag (Dosen IAIN Madura), H. Moh. Al-Faiz, Lc, M. Ag (Dosen UIN Surabaya), KH. Aziz Baidlowi, Lc. (IAI Al Khairat Madura). Acara tersebut dihadiri oleh 26 delegasi dari kampus di Jawa Timur, yang meliputi Mahasiswa Ilmu Hadis (IH) dan Ilmu Alquran Dan Tafsir (IAT).

Salah satu rangkaian acara kegiatan tersebut adalah seminar yang mengangkat tema “Proyek Hermeneutika Tafsir Qur’ani Antara Ambisi Dan Solusi” Dr. Mustaqim, M. Ag sebagai pemateri menjelaskan tentang korelasi Hermeneutika dengan Kaidah-kaidah Tafsir, teori-teori Hermeneutika dan fungsi tafsir yang tidak hanya sebagai bayan tetapi juga menjadikan solusi bagi kita semua. Sedangkan acara lainya yaitu tentang sekolah tafsir 2 yang membahas penguatan metode penelitian living Hadis dan Qur’an, lafadz-lafadz yang mengandung sastra dalam hadis, kelas Qira’at dan juga pelantikan pengurus FKMTHI Jawa Timur.

Mahbub selaku ketua HMPS IAT mengungkapkan, tujuan diadakanya sekolah Tafsir 2 se Jawa Timur tersebut, supaya terjalin komunikasi antar mahasiswa yang satu dan yang lainya terutama mahasiswa IAT. “Tujuan utamanya untuk menambah relasi antara kampus IAIN Madura dengan kampus lain. Lebih lanjut, ia berharap diadakanya sekolah Tafsir 2 se Jawa Timur “Agar mahasiswa, khususnya prodi IAT dapat memahami tentang living qur’an dan hadis. Sejalan dengan itu, Fahri Muhaimin menuturkan tujuan tujuan diadakanya sekolah Tafsir 2 untuk menambah wawasan lebih luas. Mahasiswa IAT  juga bisa diskusi dengan mahasiswa yang lain tidak hanya dengan dosen saja. (Hanifan-Mahasiswa Prodi IAT)