MAHASISWA PRODI IAT IAI TABAH IKUT SERTA DALAM MUSYWIL VI FORUM KOMUNIKASI MAHASISWA TAFSIR HADIS WILAYAH JAWA TIMUR

by Sep 18, 2019Berita

Mahasiswa Program Studi Ilmu Alqur’an dan Tafsir (IAT) Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI Tabah) Kranji Paciran Lamongan, yang diwakili oleh Anita Putri Utami, Wilujeng Luthfiyah, Irhamil Muthoharoh, Efa Nur Fitriyah, Subandi dan Ahmad Syafi’i, ikut serta dalam kegiatan Musyawarah Wilayah VI (Musywil VI) Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis wilayah Jawa Timur (FKMTH Jatim). Kegiatan tersebut bertempat di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang pada Sabtu-Minggu (14-15/09/2019). Acara tersebut dihadiri oleh berbagai mahasiswa dari masing-masing universitas di Jawa Timur. Tokoh tafsir, seperti Dr. Phil. Syahiron Syamsuddin dan M. Yahya, Ph, D juga turut menjadi pemateri dalam acara itu.

Salah satu rangkaian acara kegiatan tersebut adalah seminar nasional yang mengangkat tema “Memotret Eksistansi Tafsir Alqur’an dan Hadis dalam Konteks Kajian Terkini”. Dr. Phil. Syahiron Syamsuddin, sebagai pemateri pertama menjelaskan tentang studi Alqur’an di era milenial, Dia (Dr. Phil Syahiron Syamsuddin) memaparkan tentang karakteristik, sisi positif, sisi negatif era milenial, juga prinsip mensikapi perkembangan zaman. Sedangkan pemateri kedua, M. Yahya, Ph. D., menjelaskan tentang Qur’anic Studies in Kontemporary Wastern in Schoolarship.

Puncak acara tersebut diisi dengan Musyawaroh Wilayah. Musyawaroh tersebut sekaligus berisi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis wilayah Jawa Timur (FKMTH Jatim) periode 2018-2019. Setelah LPJ selesai, acara dilanjutkan dengan pemilihan Koordinator Wilayah Jawa Timur periode 2019-2020 dan dimenangkan oleh Afifatur Rohman dari Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung).