USHULUDDIN

by | May 31, 2023

FAKULTAS USHULUDDIN

VISI

Menjadi Fakultas yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan studi keushuludinan dan keilmuan  yang berorientasi pada pembangunan msayarakat global

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas berbasis pengembangan studi keushuluddinan dan keilmuan untuk menghasilkan lulusan sarjana ushuluddin yang berkarakter pesantren, berjiwa humanis dan memiliki kepedulian tinggi dalam pengembangan masyarakat dan bangsa.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan riset dengan berbagai pendekatan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan termanfaatkan oleh masyarakat dalam bidang Studi Keushuluddinan
  3. Mengembangkan sumberdaya fakultas untuk berpartisipasi dalam  penyelesaian persoalan masyarakat melalui penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat pada bidang sosial keagamaan.
  4. Menyelenggarkan dan mengembangkan tata kelola, layanan dan suasana kerja fakultas yang kondusif dan profesional untuk mewujudkan good governance
  5. Membangun dan Meningkatkan kerjasama lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional sebagai penguatan tridarma pendidikan bidang keushuluddinan.

TUJUAN

  1. Terwujudnya lulusan sarjana ushuluddin yang kapabel, kompetitif, kreatif, inovatif, berkarakter mulia, humanis dan mampu berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan bangsa.
    1. Terwujudnya karya akademik yang kridebel dan referensial dalam bidang Agama,  sosial, sosial keagamaan dan budaya  bagi masyarakat dan bangsa.
    1. Terwujudnya karya pengabdian masyarakat pada bidang Agama,  sosial, sosial keagamaan dan budaya yang dapat menyelesaikan persolanan masyarakat dan bangsa.
    1. Terwujudnya tata kelola, layanan dan suasana kerja fakultas yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.
    1. Terjalin dan Meningkatnya kerjasama fakultas dengan berbagai lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional.

ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR

  1. Visi Program Studi

“Menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu al-quran dan tafsir berbasis riset dan berintegrasi dengan berbagai keilmuan yang berorientasi pada pembangunan masyarakat ditingkat global”

  • RUMUSAN MISI
  • Melaksanakan program pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan ilmu al Qur’an dan Tafsir yang berkarakter pesantren, unggul dan memiliki kepedulian tinggi dalam pengembangan masyarakat.
  • Melaksanakan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik yang terkemuka dalam bidang ilmu al-quran dan tafsir
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan kebutuhan pembangunan terutama bidang ilmu alquran dan tafsir sebagai bentuk kontribusi dalam penyelesaian persoalan yang terjadi di masyarakat baik secara teoritis maupun praktis
  • Melaksanakan dan mengembangkan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif dan terkontrol bagi pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Alquran dan Tafsir secara profesional untuk mewujudkan good governance
  • Membangun dan memperkuat kerjasama dengan berbagai lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi al-Quran dan Tafsir di tingkat lokal, nasional dan internasional
  • RUMUSAN TUJUAN
    • Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan ketrampilan akademis dan profesional dalam bidang Alquran dan Tafsir  
    • Menghasilkan peneliti yang mampu mengembangkan keilmuan dibidang ilmu al-quran dan tafsir serta mampu menghasilkan penelitian yang menitegrasikan kajian ilmu al-quran dan tafsir dengan keilmuan sosial budaya dan sains
    • Menghasilkan mahasiswa dan lulusan dibidang Ilmu Alquran dan Tafsir yang responsif terhadap persoalan keagamaan, sosial dan budaya
    • Terciptanya lingkungan dan suasana kerja yang kondusif dan terkontrol bagi pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Alquran dan Tafsir secara profesional yang good governance
  • Terjalinnya  jaringan kerja sama yang kokoh dan profesioanal dengan lembaga Islam terutama lembaga yang berbasis Ilmu Alquran dan Tafsir baik di bidang akademik, riset, dan pengabdian masyarakat pada tingkat local, regional, nasional maupun internasional.
  • RUMUSAN SASARAN STRATEGI
TujuanMilestoneStrategi PencapaianStrategi MutuSarana
Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan ketrampilan akademis dan profesional dalam bidang Alquran dan Tafsirmenyelenggarakan pendidikan yang terintegrasi untuk menghasilkan lulusan yang professionalMenyiapkan dosen yang kompeten dan sesuai dengan kaulifikasi  Menyediakan RPS dan silabus disetiap mata kuliah  Memperbaharui buku yang ada setiap tahun  
merumuskan kurikulum yang relevanMenyusun kurikulum sesuai dengan standar kompetensi di setiap mata kuliah  Menyediakan absensi dosen dan mahasiswa sebagai  controlMenyediakan panduan kurikulum terbaru  
 Meriview kurikulum prodi secara berkala paling tidak 2 tahun sekaliPelaksanaan evaluasi   
 Memperbaharui kurikulum sesuai dengan kebijakan pemerintah    
Menghasilkan peneliti yang mampu mengembangkan keilmuan dibidang ilmu al-quran dan tafsir serta mampu menghasilkan penelitian yang menitegrasikan kajian ilmu al-quran dan tafsir dengan keilmuan sosial budaya dan sains  meningkatkan kualitas dan kauntitas penelitianMelakukan pelatihan penulisan karya ilmiah, artikel, jurnal bagi dosen dan mahasiswa  Pengembangan metodologi penelitianMengembangkan metodologi ilmu keislamanMemberikan penghargaan  Menyediakan panduan penguatan karya tulis Penyediaan Dana  
  Penulisan skripsi diarahkan pada pendekatan social budaya dan sains    
Menghasilkan mahasiswa dan lulusan dibidang Ilmu Alquran dan Tafsir yang responsif terhadap persoalan keagamaan, sosial dan budayaPeningkatan kualitas pengabdian  Meningkatkan kualitas civitas akademika prodi dalam PKM dalam ilmu al-quran dan tafsir Meningkatkan profesioanlitas dan produktifitas dosen dan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat    Meningkatkan mutu tata kelola pengabdian masyarakat  Melakukan seminar dalam peningktan mutu PKMMengundang dosen tamu atau praktisi IAT  
Terciptanya lingkungan dan suasana kerja yang kondusif dan terkontrol bagi pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Alquran dan Tafsir secara profesional yang good governance  Meperbaiki tata kelola yang kondusif  Mengembangkan kualitas pelayanan akademik dan pengelolaan prodi Meningkatkan pengelolaan manajemen prodi  Memenuhi sarana pra sarana pembelajaran Melakukan pengawasan standar pengelolaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi  Adanya kualitas sitem informasi yang baik
Terjalinnya  jaringan kerja sama yang kokoh dan profesioanal dengan lembaga Islam terutama lembaga yang berbasis Ilmu Alquran dan Tafsir baik di bidang akademik, riset, dan pengabdian masyarakat pada tingkat local, regional, nasional maupun internasional.Melakukan MoU dengan pihak luar  Meningkatkan kerja sama ditingkat local, regional, nasional dan internasioanal   Adanya MoU yang terjalin    
  • Profil Lulusan dan Deskripsi
No.ProfilDeskripsi Profil
1.Mufassir pemula  Menguasai metode dan aliran tafsir untuk menemukan sebuah makna al-Quran, sehingga akademisi IAT diharapkan bisa memberikan pemahaman terhadap ayat-ayat al-Quran dengan menngunakan berbagai metode baik klasik maupun kontemporer yang mempunyai wawasan luas dan moderat.
2.Pendidik pada bidang al-quran dan tafsirMenjadi pendidik professional dalam bidang al-Quran dan Tafsir di lembaga pendidikan formal dan non-formal yang memiliki kompetensi keilmuan multidisipliner dan kepribadian yang profesional dengan berlandaskan pada nilai-nilai keislaman
3.Peneliti pada bidang al-quran dan tafsirmenjadi peneliti di bidang al-Quran dan tafsir yang mampu memecahkan permasalahan di masyarakat serta mampu mengembangkan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
4PenyuluhMenjadi penyuluh keagamaan yang memiliki wawasan qur’ani yang berkepribadian luhur dan beroroentasi pada profesionalitas pelayanan masyarakat dengan berlandaskan pada dasar hukum Islam yang jelas.
  • cpl

Tabel 4.1 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Sikap

NoCapaian Pembelajaran
1S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
4S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
10S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11S11 Menginternalisasi semangat kemandirian dan inovasi dalam bidang pengembangan kajian ilmu Al-qur’an dan tafsir dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan.
12S12 Memiliki kepiawaian dalam penyampaian berbagai materi keagamaan kepada masyarakat khususnya dalam bidang al-quran dan tafsir

Tabel 4.2 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Pengetahuan

NoCapaian Pembelajaran
1P1 Menguasai pengetahuan tentang filsafat   pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
2P2 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran filsafat secara kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis
3P3 Menguasai teori penafsiran al-quran yang terintegrasikan dengan keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
4P4 Menguasai pengetahuan tentang ilmu-ilmu Al-Qur’an dan tafsir untuk membaca dan memahami tafsir Al-Qur’an secara baik dan tepat;
5P5 Menguasai pengetahuan tentang metodologi penafsiran Al-Quran dengan beragam aliran tafsir;
6P6 menguasai secara mendalam kajian tafsir dan pengembangannya dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan;
7P7 Menguasai ilmu alat seperti ilmu balaghah dan bahasa arab untuk membaca dan memahami al-Quran dan tafsir secara baik dan tepat.
8P8 Menguasai teori-teori dan inovasi dalam pengembangan keilmuan al-Quran dalam dinamika kehidupan sosial keagamaan
9P9 Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an dan tafsir
10P10 Menguasai teori dan praktik pendekatan penelitian di bidang al-Quran dan tafsir  serta mampu mengolah dan menganalisis data
11P11 Menguasai secara mendalam cara mengkomparasikan antara materi  tafsir  dengan sains dan teknologi modern.
12P12 Menguasai materi pendidikan yang dikaitkan pada bidang al-quran dan tafsir
13P13 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
14P14 Menguasai berbagai metode penenlitian al-Quran dan tafsir baik klasik maupun kontemporer.
15P15 Menguasai model-model pendekatan dalam penafsiran atas teks  yang terintegrasi dengan disiplin lain yang diaplikasikan dalam penelitian kajian al-Quran seperti semantik, semiotik, al-Quran dan sosial budaya dan kritik tafsir
16P16 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individu dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik
17P17 Menguasai dasar-dasar bimbingan dalam penyuluhan Islam, teori komunikasi, metode dan teknik bimbingan dan penyuluhan Islam
18P18 Mampu memanfaatkan teknologi terkini dalam menyampaiakn materi keagamaan
19P19 Mampu memberikan argumen yang jelas, mudah dipahami dan dalil pendukung  berdasarkan kaedah-kaedah Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, baik secara perseorangan maupun kelompok
20P20 Memiliki kemampuan meyelesaikan masalah  yang terjadi dalam masyarakat sesuai prosedur yang benar

Tabel 4.3 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Ketrampilan Umum

NoCapaian Pembelajaran
1KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
2KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
6KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
7KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya;
8KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelolanya  secara mandiri;
9KU9 Mampu mendokumentasikan,menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
10KU10 Mampu memanfaatkan teknologi terkini dalam mejawab persoalan yang muncul baik berkaitan dengan keahlian, pendidikan, penelitian dan penyuluhan

Tabel 4.4 Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Ketrampilan Khusus

NoCapaian Pembelajaran
1KK1 Mampu mendesain dan mengembangkan pemahaman ilmu al-quran dan tafsir dengan pendekatan modern;
2KK2 Mampu membaca al-Quran dengan bacaan qiraat sab’ah
3KK3 Mampu menerapkan spesifikasi ilmu al-Quran dan tafsir sesuai keahlian
4KK4 Mampu membaca kitab tafsir al-Qur’an dari sumber aslinya;
5KK5 Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-Qur’an dan tafsirnya dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
6KK6  Mampu menyebarluaskan al-Qur’an dan tafsirnya kepada masyarakat dalam rangka syi’ar agama di dalam kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan.
7KK7 Mampu menghasilkan produk dengan perangkat ilmu al-Quran dan tafsir
8KK8 mampu mengaplikasikan kaidah penafsiran dalam menganalisis makna al-Quran
9KK9  mampu mengkaji persoalan yang muncul di masyarakat
10KK10 mampu mengaplikasikan berbagai pendekatan penelitian baik pustaka maupun lapangan
11KK11 Mampu menerapkan teori Ilmu Al-Qur’an dan tafsir melalui pendidikan baik formal maupun non formal;
12KK12 mampu mengaplikasikan kajian al-quran dan tafsir pada dunia pendidikan
13KK13 Mampu mengadaptasikan makna kandungan al-quran dan tafsir dalam dinamika sosial, budaya dan perkembangan IPTEK;
14KK14 mampu memberikan solusi terhadap pengajaran sesuai dengan isi dalam kajian al-Quran dan Tafsir
15KK15 Mampu bertanggung jawab atas hasil penelitian dan kajiannya dengan memaksimalkan keilmuan al-Qur’an dan Tafsir;
16KK16 mampu membuat laporan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan;
17KK17 Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-Qur’an dan tafsir pada dinamika kehidupan masyarakat ;
18KK18 mampu memannfaatkan temuan ilmu pengetahuan modern dan IT untuk memperkaya wawasan di bidang kajian ilmu al-Quran dan tafsir
19KK19 Mampu melakukan proses bimbingan dan penyuluhan agama Islam, berdakwah, serta pendampingan masyarakat Islam dalam masyarakat multi agama sesuai tuntunan al-Quran;
20KK20 Mampu menggunakan media cetak dan elektronik  serta on line untuk kegiatan pembimbingan dan penyuluhan agama Islam;
21KK21 Mampu menentukan dan menggunakan pendekatan, metode, media, dan teknologi untuk kegiatan proses bimingan  dan penyuluhan agama Islam secara tepat dalam masyarakat multi agama;
22KK22 mampu memecahkan masalah dengan basis al-Quran yang berkembang di masyarakat
23KK23 Mampu memberikan solusi praktis terhadap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat

KELOMPOK MATA KULIAH

NoSasaranKodeMata KuliahSKS
1Mata Kuliah Wajib NasionalKWN2201Pancasila2
2 KWN2202Kewarganegaraan2
3 KWN2203B Arab2
4 KWN2204B Inggris2
5 KWN2205B Indonesia2
6 KWN2206Pengantar Studi Islam2
7 KWN2207Studi Alquran2
8 KWN2208Studi Hadis2
9Mata Kuliah Wajib InstitusiKWI2201Filsafat Ilmu2
10 KWI2202Ilmu Logika2
11 KWI2203Aswaja2
12 KWI2204Kajian Kitab Kuning3
13 KWI2205Metpen Partisipatif3
14 KWI2206Ahlak Tasawuf2
15 KWI2207KKN4
16Mata Kuliah Dasar UmumFU2201Sejarah Peradaban Islam2
17 FU2202Filsafat Umum dan agama2
18 FU2203Ilmu kalam2
19 FU2204Ilmu Balaghah2
20 FU2205Sirah nabawiyah2
21 FU2206Studi agama di Dunia2
22 FU2207Orientalisme-oksidentalisme2
23 FU2208Ushul dan Qawaid Fiqhiyah2
24 FU2209Enterpreneurship2
25Mata Kuliah Keahlian UtamaIAT2201Studi Quran 22
26 IAT2202Madzahib Tafsir2
27 IAT2203Studi Kitab Tafsir2
28 IAT2204Tafsir Mawdlu’i2
29 IAT2205Studi tafsir di Indonesia2
30 IAT2206Studi Living al-Qur’an2
31 IAT2207Metode Penafsiran Kontemporer2
32 IAT2208Met.Pen. Al-Quran dan Tafsir2
33 IAT2209Ilmu Qiraat 12
34 IAT2210Ilmu Qiraat 22
35 IAT2211Digitalisasi al-Quran2
36 IAT2212Hermeneutika al-Quran2
37 IAT2213Pemikiran Barat atas al-Quran dan Tafsir2
38 IAT2214Ushul tafsir wa Qawaiduhu2
39 IAT2215Skripsi6
40Mata Kuliah  Penunjang UtamaIAT2216Pembelajaran Tahfidz2
41 IAT2217Strategi pembelajaran al-Quran dan hadis2
42 IAT2218Metode Pembelajaran2
43 IAT2219Ayat dan hadis Pendidikan2
44 IAT2220Seni tilawah al-Quran2
45 IAT2221Desain kurikulum pembelajaran al-Quran dan hadis2
46 IAT2222Pengembangan kurikulum al-Quran dan hadis2
47 IAT2223Multimedia learning2
48 IAT2224Met.Pen. Kualitatif2
49 IAT2225Evaluasi pendidikan2
50Mata Kuliah Pilihan PeminatanMBIAT01Sejarah al-Quran2
51 MBIAT02semantik-semiotik2
52 MBIAT03Penulisan Karya Ilmiah3
53 MBIAT04Pendidikan Islam Pesisir2
54 MBIAT05Met. Pen Kuantitatif2
55 MBIAT06Analisis Data3
56 MBIAT07Metode Kritik tafsir2
57 MBIAT08Metode Penelitian sosial dan keagamaan2
58 MBIAT09Psikologi dan Fenomenologi Agama2
59 MBIAT10Ilmu Penyuluhan2
60 MBIAT11Manajemen Penyuluhan2
61 MBIAT12Komunikasi Penyuluhan2
62 MBIAT13Met.Pen. Bimbingan Konseling2
63 MBIAT14TIK2
64 MBIAT15Public speaking2
65 MBIAT16Ilmu Komunikasi2
66 MBIAT17Ayat dan hadis Dakwah2
67 MBIAT18Sosiologi Dakwah2
68 MBIAT19Bimbingan Konseling2
69Mata Kuliah Merdeka BelajarMBIAT20PPK-Living Quran3
70 MBIAT21PPK-studi teks tafsir3
71 MBIAT22ppk-tafsir Mudhui3
72 MBIAT23PPK-Met. Pen. Tafsir3
73 MBIAT24PPK- Digitalisasi al-Quran3
74 MBIAT25PPK-Pembelajaran al-Quran3
75 MBIAT26PPK-Pembelajaran tahfidz2

SEBARAN MATA KULIAH

SMTJENIS MKKODEMATA KULIAHSKS
1 KWN2201Pancasila2
1 KWN2203B Arab2
1 KWN2204B Inggris2
1 KWN2205B Indonesia2
1 KWN2206Pengantar Studi Islam2
1 KWN2207Studi Alquran2
1 KWN2208Studi Hadis2
1 KWI2201Filsafat Ilmu2
1 FU2201Sejarah Peradaban Islam2
1 KWI2202Ilmu Logika2
1 FU2203Ilmu kalam2
1 KWI2206Ahlak Tasawuf2
    24
2 KWN2202Kewarganegaraan2
2 KWI2203Aswaja2
2 IAT2201Studi Quran 22
2 FU2202Filsafat Umum dan agama2
2 FU2206Studi agama di Dunia2
2 IAT2220Seni tilawah al-Quran2
2 FU2208Ushul dan Qawaid Fiqhiyah2
2 IAT2218Metode Pembelajaran2
2 FU2204Ilmu Balaghah2
2 IAT2203Studi Kitab Tafsir2
2 FU2205Sirah nabawiyah2
2 IAT2202Madzahib Tafsir2
    24
3 IAT2217Strategi pembelajaran al-Quran dan hadis2
3 KWI2204Kajian Kitab Kuning3
3 IAT2205Studi tafsir di Indonesia2
3 IAT2207Metode Penafsiran Kontemporer2
3 IAT2209Ilmu Qiraat 12
3 IAT2222Pengembangan kurikulum al-Quran dan hadis2
3 IAT2214Ushul tafsir wa Qawaiduhu2
3 IAT2223Multimedia learning2
3 FU2207Orientalisme-oksidentalisme2
3 KWI2205Metpen Partisipatif3
3 IAT2204Tafsir Mawdlu’i2
    24
4 IAT2210Ilmu Qiraat 22
4 IAT2208Met.Pen. Al-Quran dan Tafsir2
4 FU2209Enterpreneurship2
4 IAT2224Met.Pen. Kualitatif2
4 IAT2206Studi Living al-Qur’an2
4 IAT2216Pembelajaran Tahfidz2
4 IAT2221Desain kurikulum pembelajaran al-Quran dan hadis2
4 IAT2219Ayat dan hadis Pendidikan2
4 IAT2211Digitalisasi al-Quran2
4 IAT2212Hermeneutika al-Quran2
4 IAT2225Evaluasi pendidikan2
4 IAT2213Pemikiran Barat atas al-Quran dan Tafsir2
    24
5 MBIAT01Sejarah al-Quran2
5 MBIAT02semantik-semiotik2
5 MBIAT03Penulisan Karya Ilmiah3
5 MBIAT04Pendidikan Islam Pesisir2
5 MBIAT05Met. Pen Kuantitatif2
5 MBIAT06Analisis Data3
5 MBIAT07Metode Kritik tafsir2
5 MBIAT08Metode Penelitian sosial dan keagamaan2
5 MBIAT09Psikologi dan Fenomenologi Agama2
    20
5 MBIAT10Ilmu Penyuluhan2
5 MBIAT11Manajemen Penyuluhan2
5 MBIAT12Komunikasi Penyuluhan2
5 MBIAT13Met.Pen. Bimbingan Konseling2
5 MBIAT14TIK2
5 MBIAT15Public speaking2
5 MBIAT16Ilmu Komunikasi2
5 MBIAT17Ayat dan hadis Dakwah2
5 MBIAT18Sosiologi Dakwah2
5 MBIAT19Bimbingan Konseling2
    20
6 MBIAT20PPK-Living Quran3
6 MBIAT21PPK-studi teks tafsir3
6 MBIAT22ppk-tafsir Mudhui3
6 MBIAT23PPK-Met. Pen. Tafsir3
6 MBIAT24PPK- Digitalisasi al-Quran3
6 MBIAT25PPK-Pembelajaran al-Quran3
6 MBIAT26PPK-Pembelajaran tahfidz2
    20
     
70KWI2207KKN4
     
80IAT2215Skripsi6
SMT 124
SMT 224
SMT 324
SMT 424
SMT 520
SMT 620
SMT 74
SMT 86
146