FAKULTAS DAKWAH
VISI
Menjadi Fakultas yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu dakwah dan komunikasi berbasis Empowerment yang berorientasi pada pembangunan msayarakat global
MISI
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas berbasis pengembangan ilmu dakwah dan komunikasi berbasiskan Empowerment dan nilai-nilai islami untuk menghasilkan lulusan sarjana Dakwah yang berkarakter pesantren dan memiliki kepedulian tinggi dalam pengembangan masyarakat global.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan riset dengan berbagai pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan karya akademik yang unggul, komprehensif dan kontributif atas perkembangan masyarakat dan studi ilmu dakwah dan komunikasi.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat dalam bidang dakwah, sosial keagamaan dan budaya masyarakat.
- Menyelenggarkan dan meningkatkan tata kelola, layanan dan suasana akademik fakultas dakwah yang kondusif dan profesional untuk mewujudkan good governance
- Membangun dan Meningkatkan kerjasama lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional sebagai penguatan tridarma pendidikan bidang ilmu dakwah dan komunikasi.
TUJUAN
- Terwujudnya lulusan sarjana Dakwah yang kompeten, kreatif, inovatif, berkarakter islami, dan profesional serta peduli dan mampu memberdayakan masyarakat untuk kemajuan masyarakat global
- Terwujudnya karya ilmiah yang unggul, komprehensif dan kontributif atas perkembangan masyarakat dan studi ilmu dakwah dan komunikasi secara global.
- Terwujudnya karya pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat dalam bidang dakwah, sosial keagamaan dan budaya masyarakat.
- Terwujudnya tata kelola, layanan dan suasana akademik fakultas yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.
- Terjalin dan Meningkatnya kerjasama fakultas dengan berbagai lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional.
Visi program Studi dan Penyiaran Islam IAI TABAH
Menjadi Program Studi terkemuka yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam yang berorientasi pada pembangunan masyarakat ditingkat global
Misi program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI TABAH
- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran KPI berbasis dakwah dan syiar Islam yang mampu memberdayakan masyarakat dan kemajuan global untuk mewujudkan lulusan yang terampil, unggul, profesional berkarakter islami, dan kompetitif di bidang jurnalistik dan Public Speaking
- Melaksanakan riset dengan pendekatan-pendekatan yang memanfaatkan teknologi informasi dan media massa untuk menghasilkan karya ilmiah yang relevan dengan perkembangan ilmu KPI dan perkembangan masyarakat.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat sesuai keilmuan komunikasi dan penyiaran Islam.
- Melaksanakan tata kelola dan layanan yang profesional berbasis nilai-nilai etika dan islami untuk mewujudkan good governance
- Menjalin kerjasama dengan lembaga akademik atau lainya baik dalam maupun luar negeri sebagai penguatan tridarma pendidikan tinggi bidang ilmu komunikasi dan penyiaran islam.
Tujuan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI TABAH
- Terwujudnya lulusan yang terampil, unggul, profesional, berakhlak mulia, dan kompetitif di bidang komunikasi dan penyiran Islam
- Terwujudnya kuantitas dan kualitas hasil penelitian dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam yang credible dan referensial bagi akademisi dan masyarakat
- Terwujudnya kualitas dan kuantitas hasil karya pengabdian kepada masyarakat berbasis Empowerment untuk mengatasi persoalan masyarakat pada bidang komunikasi dan penyiaran Islam.
- Terwujudnya sistem tata kelola kelembagaan dan layanan yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.
- Terjalin kerjasama dengan berbagai lembaga akademik atau lainya ditingkat lokal, regional nasional dan internasional.
PROFIL DAN DESKRIPSI PROFIL
No. | Profil | Deskripsi Profil |
1. | Jurnalis | Mampu menjadi jurnalis yang terampil, kritis, berwawasan luas, serta mengedepankan moral dan kode etik jurnalistik dalam aktivitasnya, baik sebagai jurnalis lapangan, redaksional maupun kreator media massa. |
2. | Public Speaker | Menjadi Orator yang mempunyai perspektif multikultural, inklusifitas, progresifitas, komunikatif, dapat mengeimplementasikan IT dalam kegiatannya serta berpegang teguh pada AlQuran dan Sunnah. |
3. | Designer Grafis | Mampu berwirausaha mandiri maupun kelompok di bidang design grafis serta advertising dengan semangat etos kerja Islami dan profesional |
4 | Analis Media | Mampu menganalisis, mendampingi dan mengawasi media baik online maupun offline |
CPL
CPL SIKAP |
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 Menginternalisasi Nilai Keislamanan ala Ahlu sunnah waljamaah |
S10 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri; |
S11 Memiliki kecakapan dalam perkembangan teknologi informasi dan penerapan dalam dunia kerja |
S12 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
S13 Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas menjadi penyiar agama Islam |
CPL PENGETAHUAN |
P1 Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; |
P2 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) |
P3 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
P4 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; |
P5 Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin |
P6 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
P7 Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan teori komunikasi dan penyiaran Islam, dakwah, dasar-dasar tabligh, penyiaran,, literasi informasi, baik dalam bentuk teoritik dan empirik serta tata cara dalam ceramah umum, khutbah, orasi pada beberapa event |
P8 Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan media komunikasi dan penyiaran Islam yang baik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi |
P9 Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islami yang relevan |
P10 Menguasai pengatahuan tentang advertising, dan produksi media iklan secara profesional, dalam level lokal, nasional dan global. |
P11 Menguasai pengatahuan tentang tehnologi infromasi multimedia, design visual, design grafis, serta media komunikasi dalam periklanan secara profesional |
P12 Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan komunikasi yang inovafativ dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global. |
P13 Menguasai pengetahuan analisis teks bidang media, wacana media, etnogarfi media serta hukum dan etika dalam jurnalistik Keprotokolan, perancangan dan desain agenda, advokasi kebijakan media, literasi informasi, publikasi informasi melalui periklanan (advertising) baik pada media cetak, elektronik maupun on line. |
P14 Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam sosial, budaya dan isu-isu keagamaan kontemporer yang profesional dalam nasional dan global. |
CPL KETERAMPILAN UMUM |
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
KU4 Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 Mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar berdasarkan metode Umi; |
KU10 Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar. |
KU11 Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
KU12 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan, mencegah plagiasi |
KU13 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja |
KU14 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU15 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
CPL KETERAMPILAN KHUSUS |
KK1 Mampu melaksanakan dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah |
KK2 Mampu menulis materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat. |
KK3 Mampu mengelola aspek teknis hubungan publik dan komunitas (public and community relation technical framework) misalnya Event Organizer, Public Relations Officer (PRO), Media Relation Officer, dan lain-lain. |
KK4 Mampu menjadi advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication chanel framework) misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain. |
KK5 Mampu mengelola pengarusutamaan literasi informasi (information literacy mainstreaming Framework) misalnya, trainer, juru penerang, dan lain-lain. |
KK6 Mampu menjadi da’i professionalis (Professional da’i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain. |
KK7 Mampu melakukan mediasi dalam mengatasi konflik sosial keagamaan, antar da’i, dann media dalam masyarakat multi agama. |
KK8 Mampu menyusun program, desain dan pengembangan media komunikasi penyiaran Islam berdasarkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. |
KK9 Mampu menjalankan fungsi kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta (tenaga PR), mengelola event-event seremonial (keprotokolan) sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat. |
KK10 Mampu mendesain, mengelola dan mengembangkan lembaga komunikasi dan penyiaran Islam |
KK11 Mampu menjadi da’i professionalis (Professional da’i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain. |
KK12 Mampu menerapkan model iklan dan langkah-langkah dalam produksi iklan |
KK13 Mampu melaksanakan desig grafis, sinematografi, editing, dubbing dan kegiatan komunikasi dan penyiaran lainnya. |
KK14 Mampu menciptakan karya-karya kreatif dalam industri media seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line, film film pendek dan dokumenter sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam |
KK15 Mampu melakukan analisis berbagai media online amupun ofline berdasarkan isu-isu strategis berdasarkan hukum dan etika dalam jurnalistik |
KK16 Mampu melakukan penelitian isu-isu kebijakan media komunikasi misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain. |
KELOMPOK MATA KULIAH WAJIB NASIONAL |
Pancasila |
Kewarganegaraan |
B Arab |
B Inggris |
B Indonesia |
Pengantar Studi Islam |
Studi Alquran |
Studi Hadis |
KELOMPOK MATA KULIAH WAJIB INSTITUSI |
Filsafat Ilmu |
Ilmu Logika |
Aswaja |
Kajian Kitab Kuning |
Metodologi Penelitian Partisipatif |
Ahlak Tasawuf |
KKN |
KELOMPOK MATA KULIAH DASAR UMUM (FAKULTAS) |
Ilmu Dakwah |
Psikologi Dakwah |
Tafsir Ayat dan Hadis Dakwah |
Sejarah Dakwah |
Retorika Dakwah |
Metodologi Penelitian Kualitatif |
Metodologi Penelitian Kuantitatif |
Statistik Sosial |
KELOMPOK MATA KULIAH KEAHLIAN UTAMA (JURNALIS) |
Jurnalistik Dasar |
Pengatar Ilmu Komunikasi |
Psikologi Komunikasi |
Sosiologi Komunikasi |
Teknologi Komunikasi |
Penulisan Naskah Jurnalistik |
Jurnalistik Cetak |
Jurnalistik Penyiaran |
Jurnalistik Online |
Jurnalistik Investigasi |
Penulisan Artikel |
Fotografi Jurnalistik |
Teori Komunikasi |
Penulisan Feature |
Reportase Berita |
Manajemen Media Massa |
Skripsi |
KELOMPOK MATA KULIAH PENUNJANG UTAMA (PROFIL 2: PUBLIC SPEAKER) |
Publik Speaking |
Micro Preaching |
Komunikasi Massa |
Sejarah Peradaban Islam |
Komunikasi intrapersonal dan komunikasi antarpersonal |
Komunikasi Politik |
Etika Dakwah |
Komunikasi Kelompok dan Organisasi |
Dakwah Media Online |
KELOMPOK MATA KULIAH PEMILIHAN PEMINATAN (PROFIL 3: DESIGNER GRAFIS) |
Advertising |
Multimedia |
Desain komunikasi Visual |
Enterpreneurship |
Media Komunikasi |
Design Grafis |
Komunikasi Bisnis |
Produksi Media Iklan |
KELOMPOK MATA KULIAH PEMILIHAN PEMINATAN (PROFIL 4: ANALIS MEDIA) |
Analisis Teks Media |
Komunikasi Antar Budaya |
Analisis Wacana Media |
Studi Agama Kontemporer |
Metodologi Penelitian Sosial |
Hukum dan Etika Jurnalistik |
Etnografi Media |
SEBARAN MATA KULIAH MBKM KPI
SMT | JENIS MK | KODE | MATA KULIAH | SKS |
1 | KWN2201 | Pancasila | 2 | |
1 | KWN2203 | B Arab | 2 | |
1 | KWN2204 | B Inggris | 2 | |
1 | KWN2205 | B Indonesia | 2 | |
1 | KWN2206 | Pengantar Studi Islam | 2 | |
1 | KWN2207 | Studi Alquran | 2 | |
1 | KWN2208 | Studi Hadis | 2 | |
1 | KWI2201 | Filsafat Ilmu | 2 | |
1 | FAD2201 | Ilmu Dakwah | 2 | |
1 | KWI2202 | Ilmu Logika | 2 | |
1 | FAD2209 | Pengantar Ilmu Komunikasi | 2 | |
1 | KWI2206 | Ahlak Tasawuf | 2 | |
24 | ||||
2 | KWN2202 | Kewarganegaraan | 2 | |
2 | KWI2203 | Aswaja | 2 | |
2 | FAD2204 | Sejarah Dakwah | 2 | |
2 | FAD2203 | Tafsir ayat dan hadits dakwah | 2 | |
2 | FAD2209 | fiqih dakwah | 2 | |
2 | KPI2201 | Jurnalistik Dasar | 2 | |
2 | KPI2225 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | |
2 | FAD2205 | Retorika Dakwah | 2 | |
2 | KPI2212 | Teori Komunikasi | 2 | |
2 | KPI2223 | Etika Dakwah | 2 | |
KPI2227 | Dasar-Dasar Penyiaran | 2 | ||
2 | KPI2218 | Public Speaking | 2 | |
24 | ||||
3 | FAD2202 | Psikologi Dakwah | 2 | |
3 | KWI2204 | Kajian Kitab Kuning | 3 | |
3 | KPI2208 | Jurnalistik Online | 2 | |
3 | KPI2211 | Fotografi Jurnalistik | 2 | |
3 | KPI2220 | Komunikasi Massa | 3 | |
3 | KPI2214 | Manajemen Media Massa | 2 | |
3 | KPI2207 | Jurnalistik Cetak | 2 | |
3 | KPI2204 | Sosiologi Komunikasi | 2 | |
3 | KPI2205 | Teknologi Komunikasi | 2 | |
3 | KWI2205 | Metpen Partisipatif | 2 | |
3 | KPI2206 | Penulisan Naskah Jurnalistik | 2 | |
24 | ||||
4 | KPI2218 | Publik Speaking | 2 | |
4 | FAD2206 | Metpen Kualitatif | 2 | |
4 | FAD2207 | Metpen Kuantitatif | 2 | |
4 | FAD2208 | Statistik Sosial | 2 | |
4 | KPI2226 | Komunikasi kelompok dan organisasi | 2 | |
4 | KPI2221 | Komunikasi intrapersonal dan komunikasi antarpersonal | 2 | |
4 | KPI2209 | Jurnalistik investigasi | 2 | |
4 | KPI2213 | Penulisan Feature | 2 | |
4 | KPI2224 | Dakwah Media Online | 2 | |
4 | KPI2219 | Micro Preaching | 2 | |
4 | KPI2210 | Penulisan Artikel | 2 | |
4 | KPI2203 | Psikologi Komunikasi | 2 | |
24 | ||||
5 | MBKPI01 | Advertising | 2 | |
5 | MBKPI02 | Multimedia | 2 | |
5 | MBKPI03 | Desain komunikasi Visual | 3 | |
5 | MBKPI04 | Enterpreneurship | 2 | |
5 | MBKPI05 | Media Komunikasi | 2 | |
5 | MBKPI06 | Design Grafis | 3 | |
5 | MBKPI07 | Komunikasi Bisnis | 2 | |
5 | MBKPI08 | Produksi Media Iklan | 2 | |
5 | MBKPI09 | Produksi dan Editing Siaran | 2 | |
20 | ||||
5 | MBKPI10 | Analisis Teks Media | 3 | |
5 | MBKPI11 | Komunikasi Antar Budaya | 2 | |
5 | MBKPI12 | Analisis Wacana Media | 2 | |
5 | MBKPI13 | Studi Agama Kontemporer | 2 | |
5 | MBKPI14 | Metodologi Penelitian Sosial | 3 | |
5 | MBKPI15 | Hukum dan Etika Jurnalistik | 2 | |
5 | MBKPI16 | Komunikasi Politik | 3 | |
5 | MBKPI17 | Etnografi Media | 3 | |
20 | ||||
6 | MBKPI18 | PKL-Penulisan Berita | 3 | |
6 | MBKPI19 | PKL-Penulisan Artikel | 3 | |
6 | MBKPI20 | PKL-Penulisan Feature | 3 | |
6 | MBKPI21 | PKL-Fotografi Jurnalistik | 3 | |
6 | MBKPI22 | PKL-Sinematografi | 3 | |
6 | MBKPI23 | PKL-Reportase Berita | 2 | |
6 | MBKPI24 | PKL-Produk Media | 3 |