Dosen PGMI Luncurkan Buku Sakti Belajar IPA Untuk MI

by | Jul 11, 2023 | Uncategorized | 0 comments

Hallo, teman-teman yang penuh keingintahuan! Selamat datang di dunia sains yang sangat menarik, tempat dimana imajinasi dan penemuan mengubah dunia disekitar kita. Buku ini akan membawa kalian dalam petualangan yang menakjubkan di mana kita akan mengeksplorasi berbagai macam hal seperti sejarah ilmu sains, hakikat sains, tokoh-tokoh sains, temuan sains diera modern, sains ditinjau dari perspektif al-quran, kajian integrasi sains dan Islam, tujuan dan manfaat belajar sains, konsep dan prinsip pembelajaran sains, tantangan sains di era digital dan masih banyak lagi hal-hal yang akan kita kupas dalam buku sakti ini.

Dalam buku ini, kita juga akan belajar berbagai macam topik yang mengagumkan dalam sains. kita akan mengenal berbagai macam metode belajar sains untuk anak-anak, mengeksplorasi berbagai macam contoh permainan sains untuk anak, mengetahui sains dalam kehidupan sehari-hari dan masih banyak lagi yang akan kita kaji dalam buku sakti belajar IPA untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini.

Pengenalan akan alam merupakan salah satu kegiatan manusia yang terjadi secara spontan dan terjadi sejak dini, namun pengetahuan akan terbentuk setelah terjadi pengenalan akan banyak hal. Pengenalan ialah awal dari bahasan mengenai suatu pengetahuan, baik sebagai produk maupun sebagai suatu proses. Produk pengenalan dan pengetahuan yang dikumpulkan secara sistematis akan membentuk wacana baru yang kita sebut dengan ilmu. Pengenalan manusia akan alam baik secara objektif atauu ilmiah, akan menghasilkan sains. Sains adalah bentuk pengetahuan dan penyelidikan manusia yang khusus secara unik dan penting (Kelly James Clark, 2021). Kata sains berasal dari istilah asing “Science” yang dikenal dengan “nature science”, nature berarti bersifat alam, berkaitan dengan alam sekitar. Jadi sains merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan fenomena di alam nyata (Mayarina, 2021). Kita dapat memperhatikan dan menanyakan “Mengapa hal itu bisa terjadi ?” atau “Bagaimana cara kerjanya ?” ketika kita menjawab pertanyaan ini, kita akan menemukan keajaiban-keajaiban yang memukau.

Ada banyak hal yang harus dipenuhi dalam rangka menghimpun pengetahuan ilmiah, meskipun demikian tidak semua pengamatan, pengenalan, impresi, dan ekspresi manusia akan alam dapat dirangkum dalam himpunan pengetahuan yang sistematis. Kementerian pendidikan dan kebudayaan mengemukakan bahwa sains adalah upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mengorganisasikan pengetahuan tentang gejala alam. Sujana mengemukakan bahwa sains merupakan ilmu yang mempelajari mengenai gejala alam beserta isinya dengan sebagaimana adanya melalui metode ilmiah. Jadi dapat kita simpulkan bahwa sains merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari alam semesta beserta isinya, serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya, disusun secara sistematis dan dikembangkan oleh para ahli secara ilmiah (Isro’atun, 2020).

Tahukah kamu, bahwa sains sudah mengalami perkembangan yang begitu cepat, sains modern dimulai pada masa pencerahan yang ditandai dengan terpisahnya ilmu-ilmu alam dari filsafat. Sains modern menurut sardar dimulai sejak masa pencerahan di Eropa pada abad ke -17 (Zulfis, 2019). Jika kita menengok sejarah tentang sains dimasa lalu Gaston Bachelard merupakan tokoh sains di era kebangkitan teori kuantum, beliau juga tokoh sains seni, beliau banyak sekali menyumbangkan pikirannya mengenai perkembangan sains, yang paling menarik dari beliau ialah beliau pernah berguru pada seniman dan penyair untuk membebaskan diri dari “sterilitas”-nya selama bergelut dengan fisika dan matematika, namun di balik itu Bachelard menyadari adanya “persatuan” antara alam dan puisi. Bahkan beliau juga memiliki beberapa muridsalah satunya adalah Michel Serres yang sering disebut “pengelana” antara seni dan ilmu (Surjani Wonorahardjo, 2020).

Selain itu, buku ini akan memuat beberapa hal untuk menambah pengetahuan bagi semua orang. Melalui pengantar ini, kami berharap semoga kita semua dapat menjadi inovator-inovator masa depan.

Jadi, ayo bersiap-siap melangkah sejauh mungkin dalam dunia sains yang penuh inovasi dan kejutan. Bersama-sama mari kita menciptakan perubahan untuk masa depan. Terimakasih telah bergabung dalam perjalanan ini, mari kita berinovasi, mengeksplorasi, dan menginspirasi satu sama lain dalam mengenal alam dan penemuan baru di dalam sains.

Semoga buku sakti ini dapat di pahami dan dapat memberikan inspirasi bagi penulis dan juga bagi semua pembaca yang penuh kreativitas. Selamat membaca!