Pelantikan HMP PGMI dan Seminar Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka

by | Jan 24, 2023 | Berita | 0 comments

Pelantikan HMP PGMI dan Semnas IKM

IAI TABAH–Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI Tarbiyatut Tholabah Lamongam telah melaksanakan Seminar Nasional tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dalam rangka Pelantikan dan Rapat Kerja HIMAPRODI PGMI masa abdi 2022-2023 di Aula K.H. Musthofa IAI TABAH.

Seminar Nasional tentang Implementasi KURMER pada pendidikan dasar tingkat Madrasah Ibtidaiyah tersebut telah dihadiri oleh K3MI Kecamatan Brondong Bapak Mustajab, S.Pd.I dan K3MI Kecamatan Paciran bapak Partono, S.Pd., M.Pd. beserta kepala Madrasah Ibtidaiyah KKM Paciran dan Brondong.

Kegiatan tersebut juga digunakan untuk menjalin kerjasama dengan membubuhkan tanda tangan MoU kerjasama antara Prodi PGMI IAI TABAH dengan K3M MI Kec.amatanPaciran dan Brondong. Menurut Nur Hakim, M.Ag kaprodi PGMI IAI TABAH mengatakan, “kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka pintu kerjasama yang baik dalam mewujudkan pendidikan yang unggul dan bermartabat ditingkat dasar kususnya dalam penerapan kurikulum merdeka dan meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif.”

Sementara itu menurut moderator Shibi Zuharotul Mardliyah sebagaimana yang disampaikan para Pemateri Seminar bapak Syaiful Munir, M.Pd. dan Ibu Hartini, S.Pd. M.Pd. mengatakan, “Bergantinya kurikulum bukan karena “ganti menteri, ganti kurikulum” Melainkan kurikulum merdeka ada untuk menjawab tantangan zaman.”

Madrasah tidak dipaksakan menggunakan Kurikulum Merdeka, karena hanya terbatas untuk pilot project bagi lembaga negeri pemerintah. Sebagaimana mengacu pada KMA No. 347 Tahun 2022 Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah ditetapkan di awal April 2022.

Harapan dari para kepala Madrasah menghendaki kegiatan yang sudah di MoU-kan ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk workshop kurikulum dan pembinaan model pembelajaran berbasis siswa sebagaimana pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.