PERAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT

by | Jan 27, 2020 | Berita

Jum’at, 17 Januari 2020, bertempat di gedung dakwah Muhammadiyah Warulor. Wardatul Karomah ketua PSGL IAI TABAH yang sekaligus aktif sebagai Direktur Aliansi Perempuan Lamongan ini berkesempatan untuk memberikan materi tentang “Peran Perempuan Dalam Keluarga dan Masyarakat”.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Aisiyah Paciran ini dihadiri oleh perwakilan masing-masing Ranting Aisyiyah se Cabang Paciran.

Dalam penyampaian materi nya Wardah memulai dengan memutarkan video tentang bagaimana perjuangan seorang ibu secara kodrat dalam proses melahirkan. Dengan seksama peserta memperhatikan penayangan video tersebut, dari peran kodrat perempuan tersebut, maka materi dilanjutkan dengan bagaimana peran non kodrat perempuan baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Pada dasarnya, peran perempuan dalam keluarga adalah sebagai anak untuk orang tuanya, sebagai seorang istri untuk suaminya dan sebagai seorang ibu untuk anak-anaknya. Sedangkan pada peran yang lain, perempuan juga punya tanggung jawab secara sosial sebagai bagian dari masyarakat.

Problem yang disampaikan oleh salah satu peserta tentang bagaimana bisa berperan dalam Masyarakat adalah terkendala dengan izin suami, hal ini yang perlu untuk diurai supaya ketemu solusi. Pada dasarnya kehidupan rumah tangga suami istri adalah terbangunnya komunikasi dan terciptanya relasi, karena keberadaan suami istri adalah untuk saling melengkapi.

Pada kesempatan itu pula, Wardah mengajak kepada semua peserta untuk kompromi terhadap diri, karena kadangkala perempuan sendiri yang memang menikmati peran yang selama ini dilakukan, cukup diam di rumah tanpa ada keinginan untuk mengembangkan diri dan meningkatkan perannya sebagai makhluk sosial, untuk itu ayo perempuan Indonesia tumbuhkan kemauan untuk bergerak dan maju, menfaaatkan kesempatan yang ada, dengan sendirinya kemampuan pasti akan diperoleh dan mengikuti seiring berjalannya waktu.

Dan diakhir sesi tersebut ditutup dg yel-yel.. “SIAPA KITA? perempuan Indonesia, hebat-sejahtera-dambaan keluarga-serba bisa”. (war)