MEMBANGUN DESA LEMBOR SEJAHTERA MELALUI PEMANFAATAN CABE SEBAGAI INDUSTRI KREATIF

by | Aug 30, 2019 | Berita

Desa Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan memiliki keunggulan dalam menghasilkan panen cabe (Capsicum Annum L.) yang terkenal dengan sebutan Cabe Sundari, cabe ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan cabe lainnya.  Cabe Sundari ini telah sampai pada pemerintah dan telah mendapatkan penghargaan dari Menteri Pertanian karena merupakan sebuah penemuan baru.

Kelompok KKN PAR IAI TABAH yang bertempat di Desa Lembor telah melaksanakan tahapan- tahapan metode PAR yang kemudian menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa, meskipun desa ini memiliki cabe yang unggul tetapi ketika harga cabe murah harga Cabe Sundari pun ikut murah sehingga para petani cabe mengalami kerugian. Mahasiswa KKN menfasilitasi untuk menyelesaikan masalah tersebut secara bersama-sama dengan masyarakat melalui kegiatan Pelatihan Industri Kreatif sesuai dengan potensi desa Lembor yakni Cabe.

Pelaksanaan Pelatihan Industri Kreatif dilaksanakan pada 28 Agustus 2019  dihadiri oleh narasumber dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Bapak Abd. Ghoni SE. Ak. dan Ibu Aribatul Isnaini, S.Pd yang merupakan owner dari Cokelat Turqi.  Turut hadir pula Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Nafilatur Rohmah, M. Pd. Ketua LP2M IAI Tabah Bapak M. Khoirul Fatih,  M. Ag. dan juga hadir beberapa tokoh masyarakat.

Peserta pada kegiatan ini keseluruhan adalah ibu-ibu.  Pada sesi pertama peserta diberi materi dari mahasiswa KKN tentang cara mengolah cabe menjadi Abon Cabe Sundari yang enak dan tahan lama.  Sesi kedua dilanjutkan materi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro tentang bagaimana melakukan pengemasan yg menarik,  perizinan PIRT,  dan teknik marketing.  Sesi ke tiga dilanjutkan materi dari owner cokelat Turqi tentang motivasi wirausaha, sharing pengalaman bagaimana membangun usaha,  serta teknik pemasaran via Facebook. 

Harapan dari kegiatan ini adalah  Produk Abon Cabe Sundari ini dapat ditindaklanjuti menjadi produk Industri Kreatif yang bisa menjadi ciri khas dari desa Lembor,  dan yang paling penting dapat meningkatkan daya jual cabe ketika harga cabe mengalami penurunan.  Selain itu,  melalui kegiatan ini diharapkan dapat menstimulus munculnya industri kreatif lainnya yang sesuai dengan potensi Desa Lembor. (nfr)