FESTIVAL QUR’ANI 2018 IAT TABAH DAN PENANDATANGANAN MOU DENGAN RHQ LAMONGAN

by | Jan 31, 2018 | IAT

Rabu (24/1/2018), bertempat di Lapangan kampus IAI TABAH Lamongan, diselenggarakan Festival Qur’ani 2018 oleh Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir. Siswa dan mahasiswa sebagai generasi penerus masa depan bangsa, merupakan sumber daya manusia (SDM) yang perlu ditempa dengan baik, dengan mengoptimalkan kemampuan dan pengembangan diri yang tidak hanya terbatas pada upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi juga penanaman dan penguatan nilai-nilai agama.

Untuk menerapkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional serta kesadaran generasi siswa terhadap nilai Qur’ani.Kegiatan pembinaan mental dan spiritual bagi siswa MA/SMA dianggap penting sebagai upaya meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan wahana peneguhan serta apresiasi. Festival Qur’ani 2018 (FsQ) Siswa se Kab.Gresik, Lamongan dan Tuban adalah salah satu apresiasi yang ditawarkan Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang nantinya akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap kandungan Al Qur’an sebagai bagian dari penguatan nilai ketaqwaan kepada Allah SWT dan Lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini meliputi tiga cabang perlombaan,yaitu MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an) 21 Tim/63 peserta,MHQ1 (Musabaqoh Hifdzil Qur’an 1 Juz) 74 Peserta dan LTKI (Lomba Tebak Kata Ilmiah) 17 Tim/51 peserta serta Official 35 orang. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Muh.Taufiq (mahasiswa IAT IV)dan Rihmatul Musyazaroh(mahasiswa IAT II)kemudian dilanjut dengan pembacaan kalamullah oleh Ummul Karomah(mahasiswa IAT IV)dan dilanjut dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya,Hymne IAI TABAH dan Mars Tafsir Hadis yang dipandu oleh Anita Putri Utami(mahasiswa IAT II). Semua cabang Perlombaan dimulai tepat pukul 09.20 sampai 16.25 WIB,MSQ dengan 3 Juri (Khoirun Nasih.M.HI, H.Muh.Birrul Alim,Lc,M.EI dan M.Nur Syamsi,S.Ag)MHQ1 dengan 2 Juri (H.Ali Makhrus Mundzir Tim RHQ Kabupaten Lamongan dan Fanani,S.Pd Tim RHQ cabang Karanggeneng )Pukul 17.00 upacara Penutupan dimulai,Dr.Imam Azhar,M.Pd memberikan sambutannya dengan mengapresiasi beasiswa satu semester terhadap peserta Festival Qur’ani 2018 yang nantinya mendaftar ke IAI TABAH Lamongan.Sambutan selanjutnya dari Fithrotin,M.Th.I selaku Kaprodi Ilmu Al Qur’an&Tafsir, beliau menegaskan bahwa di event Festival Qur’ani 2019 nanti MHQ1 Juz akan ditambah menjadi MHQ5 Juz, dan insaAllah akan di tambah cabang Lomba MQK (Musabaqoh Qiro’atil Kutub). Selanjutnya MOU (Memorandum of Understanding )oleh Prodi Ilmu Al Qur’an&Tafsir dengan RHQL(Robithoh Hammalatil Qur’an Lamongan) yang dipimpin Bpk H.Ali Makhrus Mundzir, tujuan dari MOU ini supaya Mahasiswa kami senantiasa menjaga hafalan Al Qur’an serta mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Isi MOU meliputi: Peningkatan dan pengembangan keilmuan Al Qur’an,khususnya dibidang takhfidz, Mengadakan forumilmiah bersama seperti seminar dan diskusi, Mengadakan penelitian ilmiah bersama dalam bidang Al Qur’an, Mengadakan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu Al Qur’an dan takhfidz. Selanjutnya Pembacaan SK Pemenang FsQ oleh Warek I Bpk Moh.Asykuri,S.Pd.I.,MM terdapat 18 terbaik dari 3 cabang lomba tersebut yang masing-masing cabang terdapat 6 terbaik. Sebagai puncak acara yaitu Do’a yang dipimpin oleh K.H.Nasrullah Baqir selaku Pengasuh Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan.Panitia Festival Qur’ani 2018 sudah berusaha secara maksimal dan sebaik-baiknya.Dengan turut serta aktif dalam kegiatan-kegiatan berbasis keislaman bahkan menjadi pelaksana Festival Qur’ani 2018 ini diharapkan Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir mampu turut serta menginternalisasi nilai-nilai Qur’ani dalam rangka membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, berilmu, dan berakhlaq mulia. Amiiin (FIT).