Khotmul Qur’an Pada Acara Haul Al Maghfurulah KH Musthofa ke 69

by | Nov 26, 2017 | IAT

Khotmil Qur’an merupakan salah satu agenda rutinan prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, khotmil Qur’an ini dilakukan pada tanggal 26 November 2017 di kampus IAI TABAH Kranji Paciran Lamongan, dalam rangka memperingati acara Haul para masyayikh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah. Acara khotmil Qur’an ini dihadiri para undangan yang terdiri dari para mahasiswa Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dan juga dihadiri para dosen dan karyawan IAI TABAH. Khotmil Qur’an dilakukan dan selalu menjadi agenda rutinan dalam setiap kegiatan prodi IAT maupun kampus, dalam rangka menjaga dan melestarikan al-Qur’an yang menjadi salah satu icon dari prodi ilmu al-Qur’an dan Tafsir, terlebih untuk menjaga hafalan para mahasiswa prodi IAT.

Acara khotmil Qur’an diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh mahasiswa IAT yang hafal al-Qur’an kemudian dilanjut dengan pembagian-pembagian juz berikutnya dalam al-Qur’an. Mahasiswa yang sudah mempunyai hafalan al-Qur’an dianjurkan membaca bilghaib, supaya hafalan mereka tetap terjaga dengan baik. Acara khotmil Qur’an dimulai sejak pagi pukul 06.30 hingga sore pukul 17.00 yang ditutup dengan membaca shalawat, tahlil, dan do’a bersama. dan selanjutnya diakhiri dengan tumpengan (makan bersama).

Para mahasiswa prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut, terbukti setiap acara khotmil Qur’an para mahasiswa IAT selalu hadir dan mengikuti acara tersebut. Acara khotmil Qur’an sangat juga merupakan salah satu agenda prodi yang sangat mendukung dalam study prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir, karena dalam prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir terdapat materi tahfidzul Qur’an yang mengharuskan para mahasiswa untuk selalu menghafalkan ayat al-Qur’an dalam setiap mata kuliah tahfidzul Qur’an, dengan demikian acara khotmil Qur’an sangat berperan penting dalam mata kuliah tahfidzul Qur’an, sehingga acara khotmil Qur’an menjadi acara rutinan prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

Sudah selayaknya agenda ini selalu dilestarikan, dijaga, dan mendapat dukungan dari institusi IAI TABAH mengingat banyak sekali manfaatnya bagi para mahasiswa IAI TABAH khususnya para mahasiswa prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dalam menunjang study al-Qur’an dan Tafsir khusunya di bidang Tahfidzul Qur’an. Materi Tahfidzul Qur’an juga merupakan materi unggulan dalam prodi IAT, karena di dalam prodi IAT memberi wadah dan keistimewaan bagi para Tahfidzul Qur’an berupa beasiswa Tahfidz, tentunya dengan prosedur-prosedur dan ketentuan-ketentuan tertentu.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kegiatan khotmil Qur’an yang telah dilaksanakan para mahasiswa prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, semoga kita semua termasuk ahlul Qur’an dan mendapat syafa’atnya kelak, Allahummarhamnaa bil Qur’an. (FIT)