DEDIKASI IAI TABAH SEBAGAI KAMPUS ENTREPRENEUR

by | Nov 20, 2017 | Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengadakan Training of Trainer kewirausahaa bagi dosen PTKIN/PTKIS se-Indonesia pada tanggal 16-18 November 2017 di hotel GreenSA Inn jalan juanda surabaya. Aktivitas ini diikuti oleh 51 peserta dari berbagai PTKIN/PTKIS se-Indonesia. Sebagai salah satu kampus entreprenuer di Jawa Timur IAI Tarbiyatut Tholabah ambil bagian dalam pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan SDM dosen agar bisa mengajar kewirausahaan lebih baik dengan harapan dapat mencetak entrepreneur muda di kampusnya masing-masing.

Narasumber pada pelatihan ini berasal dari berbagai praktisi pendidikan dan bisnis, Ir. H. Difi Ahmad Johansyah (Kepala perwakilan kantor BI Jatim), Bimo T Prasetyo ( Nurul Islam Insitute for Microfinance),  Heri Bagus Cahyo, MM (Manajer Kopi Mahkota Raja), Andriyani Samsuri (UINSA), Michael Sugiarto (Founder celegram.com dan digimaru.org), Achmad Roem Fitrianto, SE, M.Sc (UINSA), Taufik Siraj, M.Ag (kepala Pusat Bisnis UINSA).

Pada hari terakhir pelatihan diadakan kunjungan ke pabrik kopi mahkota raja yang dikelola oleh Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Peserta melihat bagaimana manejemen produksi kopi yang dilakukan pondok pesantren yang sudah menembus pasar ekspor kopi ke Eropa dan Australia.

“ Trend perguruan tinggi menyelenggarakan makul kewirausahaan untuk menciptakan mahasiswa yang kokoh bisa menciptakan kewirausahaan secara mandiri serta menambah lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran” tegas bapak Iskandar Ritonga, selaku Pembatu Dekan 2 FEBI UINSA.

Sebagai komitmen IAI Tarbiyatut Tholabah mencetak lulusan mahir, ulet, profesional, dan kompetitif, kewirausahaan menjadi salah satu concern utama dalam sistem pendidikan di kampus mahasiswa dibekali dengan ilmu kewirausahaan agar dapat meningkatkan kecakapan dan ketrampilan mahasiswa khususnya sens of bussnisess. (Donny)