FORUM ILMIAH DOSEN IAI TABAH

by | May 9, 2017 | Berita

Forid(09/05/2017), Pemakalah pada forum ilmiah Dosen IAI Tabah adalah Fitrotin M.Th.I dengan judul malakah Tafsir Alqur’an Bahasa Jawa (Pergulatan Sosial Budaya dan Politik). Forum ilmiah dosen merupakan forum yang rutin dilaksanakan dengan oleh IAI TABAH, dan juga sebagai media dalam pembuatan makalah yang nantinya akan di terbitkan secara berkala pada jurnal ilmiah IAI TABAH.

Dalam makalah tersebut disampaikan ada 3 tokoh beserta karya tafsir al-qur’annya yang dijadikan rujukan  dalam pembahasan makalah ini yaitu KH. Sholeh Darat(Tafsir Faidlur Rahman), KH. Misbah (Tafsir Iklil) dan KH. Musthofa Bisri (Tafsir Ibris),Nampak antusias para Dosen IAI TABAH dalam mengikuti forum ini, apalagi ketika mengulas tafsir al-qur’an yang berlatar belakang model penfasirannya yang berasal dari pesisir, karena hal ini sesuai dengan kondisi yang sama dengan IAI TABAH (budaya pesisir), hingga akhirnya memunculkan forum baru dalam kajian bidang penafsiran yang berlatarbelakang dari kultur bahari.

Forum baru ini diberinama Forum Komunikasi Dosen Mata Kuliah (FKDMK) yang akan lebih membahas tentang Penafsiran Al-Alqur’an dengan melihat dan mengamati kehidupan yang pesisir, sehingga hasil dari ini nantinya dapat diwujudkan sebagai salah satu bentuk Thridharma Dosen IAI TABAH.